Penyebab & Pengobatan Telapak Kaki Gatal

Telapak kaki gatal bisa dialami siapa saja tanpa memandang faktor usia. Penyebabnya pun beraneka macam, entah akibat kontak langsung dengan sepatu, lantai kotor, kolam renang umum ataupun mengenakan kaus kaki basah, ditambah lagi dengan adanya musim hujan yang membuat kaki kita mau tak mau kontak langsung dengan air.

Telapak kaki yang terasa gatal harus diatasi secepat mungkin agar tidak mudah kambuh lagi. Apalagi jika didiamkan terlalu lama bisa menjadi penyakit kulit yang serius. Oleh karena itu, mari cari tahu penyebab utamanya!

Jamur 
Itulah salah satu penyebab utama telapak kaki gatal dan dikenal sebagai infeksi jamur kronis atau Athlete's foot. Nama jenis jamur ini adalah trichophyton rubrum, biasanya tumbuh di area gelap dan lembab. Jamur sebabkan gatal-gatal, nyeri yang menyebalkan, muncul pecahan di kaki dan kulit terasa kering. Bagaimana cara mengatasinya? Untuk gejala ringan, gunakan obat anti jamur yang tersedia di apotik. Untuk gejala parah, obat resep dokter sangat direkomendasikan.

Bakteri
Memang, jamur merupakan salah satu penyebab dan itu perlu segera diatasi. Namun, bila proses pengobatan tidak dijalankan dengan benar, maka akan bertambah parah dan terjadilah infeksi bakteri. Bagaimana bakteri bisa masuk? Bila mengalami rasa gatal parah dan digaruk sehingga terluka, maka disaat itulah bakteri masuk. Untuk mengatasinya, obat oles anti jamur dirasa cukup ampuh. Agar lebih efektif, obat resep dari dokter juga diperlukan. Biasanya dokter akan berikan obat oral untuk melawan infeksi dan membunuh bakteri.

Eksim
Beberapa jenis eksim bisa menginfeksi telapak kaki yang sebabkan rasa gatal muncul. Namun, jenis yang paling sering dituduh penyebab telapak kaki gatal adalah eksim atopik, sebabkan kulit kaki kering, kemerahan dan meradang. Selain itu, ada pula eksim discoid yang akan sebabkan lesi atau luka berair dan eksim varicose, itu sering terjadi pada penderita varises atau urat darah terentang. Eksim varicose menyebabkan kaki meradang dan dipenuhi lesi, biasanya terdapat disekitar pergelangan kaki dan membuat kulit jadi koreng (ulceration). Semua jenis eksim bisa diatasi dengan salep oles steroid.

Cara terbaik mengobati telapak kaki gatal adalah pencegahan dini. Pastikan kaki selalu dalam kondisi kering dan bersih agar tidak mudah dihinggapi jamur. Setelah selesai mandi, usap kaki dengan handuk hingga kering dan taburkan bedak. Bila ingin memakai sepatu, kenakan kaus kaki bersih. Intinya, menjaga kebersihan itu sangat penting.