Cara Menurunkan Kolesterol

Cara menurunkan kolesterol-dari tahun ke tahun penderita kolesterol bukannya berkurang tetapi semakin bertambah, hal ini disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat, makan makanan yang tidak sehat dan kurang berolahraga. Tingginya tingkat kolesterol dalam darah dapat memicu penyakit lainnya seperti penyakit jantung dan stroke.
 
Kolesterol sendiri ada 2 macam yaitu kolesterol jahat atau LDL (Low Density Lipoprotein) dan kolesterol baik atau HDL (High Density Lipoprotein). Kolesterol jahat biasanya diperoleh dari makanan yang kita konsumsi, sedangkan kolesterol baik dihasilkan oleh tubuh dengan tujuan untuk menyeimbangkan sistem metabolisme tubuh. Cara menurunkan kolesterol bisa dengan obat atau diet serta menjaga pola hidup sehat dan rajin berolahraga. Kali ini kita akan membahas cara untuk menurunkan kolesterol jahat secara alami.

1. Makanan
Tinggi rendahnya kolesterol dipengaruhi oleh makanan yang kita makan. Jika anda punya kolesterol harus menghindari makanan yang berminyak seperti gorengan,roti,keju,cumi dan makanan cepat saji. Sebaiknya makanan diganti dengan sayur dan buah-buahan, hasilnya kolesterol turun tubuh juga proporsional.

2. Olahraga
Jika kita kurang olahraga akan memudahkan penyakit hinggap di tubuh kita. Kenapa jika kita kurang berolahraga kolesterol menjadi naik, itu karena makanan yang kita makan tidak diubah menjadi energi melainkan menjadi lemak. Olahraga bisa dimulai kapan saja dan dimana saja seperti jalan pagi di sekitar rumah sambil menikmati udara segar.

3. Suplemen
Suplemen makanan yang baik bagi penderita kolesterol adalah suplemen yang mengandung omega 3 seperti fish oil atau minyak ikan.
 
Kesimpulan dari cara menurunkan kolesterol adalah hindari makanan yang memicu kolesterol, rajin berolahraga, serta mengkonsumsi suplemen yang kaya akan omega 3, dan yang terakhir jangan merokok.