Cara Mengatasi Rambut Rontok Dengan Mudah

Cara mengatasi rambut rontok selalu menjadi topik yang pantas dibicarakan karena rambut adalah salah satu bentuk kecantikan seseorang. Memiliki rambut yang indah dan lebat tentu menjadi dambaan baik pria maupun wanita. Sayangnya berbagai factor dapat menjadikan rambut mudah rontok yang dapat memperburuk penampilan.Penyebab utama rambut rontok ada dua yaitu factor genetic atau keturunan dan kerusakan. Bila orang tua botak, maka kemungkinan besar anak laki-lakinya juga akan botak. Inilah alasan mengapa kejadian botak lebih banyak menyerang laki-laki. Penyebab kedua adalah kerusakan rambut sebagai akibat dari kurang perawatan, kurang gizi, dan zat-zat kimia yang tidak sesuai dengan kulit kepala.

Cara pertama yang harus dilakukan untuk mengatasi rambut rontok adalah mengenali factor penyebabnya. Apakah dalam riwayat keluarga ada yang botak? Bila ya, berarti penanganan dimulai dari pemberian vitamin untuk merangsang pertumbuhan rambut dari dalam. Vitamin yang dibutuhkan adalah vitamin E. Vitamin E bisa dikonsumsi setiap hari sesuai takaran ahli medis. Sedangkan dari luar Anda dapat menggunakan shampoo penyubur rambut yang terbuat dari bahan alami. Konsultasikan dengan ahli mengenai shampoo yang cocok untuk Anda gunakan mengingat banyak sekali shampoo di pasaran yang ditawarkan untuk mengatasi rambut rontok. Apakah semuanya berhasil? Tergantung kulit kepala Anda apakah cocok dengan bahan dalam produk atau tidak. Anda juga dapat menggunakan bahan alami penyubur rambut yang terbuat dari kemiri. Buatlah minyak kemiri asli yang tentunya lebih berefek daripada shampoo di pasaran. Kalau sulit membuat minyak kemiri bisa membakarnya kemudian dioleskan di kulit kepala. Ingat, minyak atau kemiri dioleskan di kulir kepala, bukan pada rambut.

Penting untuk selalu memenuhi jadwal keramas dalam rangka mencegah rambut rontok. Rambut yang kotor membuat kulit kepala tidak sehat dan rambut rontokpun terjadi. Perhatikan benar apakah shampoo yangAnda gunakan telah sesuai dengan keadaan kulit kepala? Karena shampoo juga bisa menjadi penyebab lain rambut rontok. Bila sudah cocok dengan satu shampoo jangan diganti dengan shampoo yang lain karena sering berganti shampoo juga menyebabkan rambut rontok. Selanjutnya terapi kulit kepala dengan bahan alami bebas kimia seperti lidah buaya secara teratur untuk membantu menjaga kesehatan rambut. Hindari pemakaian minyak rambut secara berlebihan. Menggunakan minyak rambut akan membuat rambut selalu dalam keadaan lembab sehingga mudah kotor dan kuman betah menempel di kulit kepala. Bila memang memerlukan minyak rambut gunakan minyak orang-aring dari bahan yang lebih alami.  Terakhir perbaiki asupan gizi dari bahan-bahan alami yang mengandung vitamin E seperti kedelai, kacang, kecambah, dan padi-padian.

Rambut yang sehat akan menurunkan intensitas kerontongan sehingga kebotakan bisa dicegah. Cara mengatasi rambut rontok diatas meskipun sederhana tapi bila diterapkan akan membawa hasil menakjubkan. Selamat mencoba.