Perut Terasa Kembung? Segera Obati Dengan Jintan

Perut kembung disebabkan beberapa faktor seperti masuk angin atau pengaruh siklus haid. Meski bukan tergolong penyakit serius tapi harus diatasi secepat mungkin, entah minum obat medis atau ramuan herbal. Bila mencari jenis pengobatan yang murah, berkhasiat dan tanpa efek samping, jatuhan pilihan pada pengobatan alami seperti ramuan herbal. Jika perut terasa kembung maka segera obati dengan jintan.

Sebagian besar wanita yang gemar menghabiskan waktu di dapur tentu mengenal jintan sebagai bumbu penyedap masakan yang banyak tersedia di pasar tradisional dan modern. Tak hanya melezatkan makanan, namun menyimpan khasiat kesehatan yang cukup besar. Sejak jaman nenek moyang, biji jintan sudah digunakan sebagai bahan pembuatan obat herbal untuk mengatasi gangguan pada pencernaan. Menurut sebuah situs kesehatan, bumbu dapur ini merupakan sumber mineral dan vitamin.

Biji jintan bermanfaat atasi gangguan pencernaan, terutama perut kembung akibat masuk angin. Menurut penelitian diketahui bahwa jintan bersifat karminatif yang menguatkan pencernaan, melancarkan pembuangan sisa makanan dan gas yang terjebak di dalam perut. Selain pengaruh masuk angin, kembung bisa disebabkan bakteri jahat yang melepaskan sejenis gas di usus.

Bagaimana cara mengatasinya? Cukup sederhana! Rebus beberapa biji jintan, tuang air rebusan ke gelas dan minum selagi hangat. Ramuan efektif menghambat perkembangan bakteri jahat dan meningkatkan jumlah pertumbuhan bakteri baik untuk mencerna sisa-sisa makanan di usus.

Jintan punya aroma tajam dan kuat yang ampuh mengusir rasa mual, tak hanya meredakan perut kembung tapi memberi sensasi hangat yang melegakan tenggorokan dan pernapasan. Selain disaji dengan cara merebus atau menyeduh, biji jintan bisa langsung dimakan mentah supaya gas bisa keluar segera mungkin dari perut dan tak menyebabkan kembung yang mengandung gas.

Memakan langsung butuh keberanian karena biji jintan rasanya pahit di lidah. Supaya lebih mudah ditelan, tambahkan satu sendok madu asli saat akan mengunyah. Rasa manis akan menutupi rasa pahit. Madu bisa juga ditambahkan ke air rebusan supaya khasiatnya bertambah. Mau makan langsung atau minum air rebusan, manfaat yang diberikan sama saja.


Bila perut terasa kembung maka segera obati dengan jintan. Pilih metode penyajian yang disukai dan perbanyak waktu istirahat. Pengobatan herbal dengan bumbu dapur lebih murah dibandingkan pengobatan medis dan tak menimbulkan efek samping berbahaya bagi kesehatan.