Menyantap Sate, Makanan Khas Beraneka Cita Rasa

Menyantap Sate, Makanan Khas Beraneka Cita RasaSate adalah makanan yang berasal dari Indonesia. Sate biasanya terbuat dari bahan dasar daging sapi, kambing atau ayam dan disajikan dengan dipotong kecil-kecil lalu ditusuk oleh lidi. Namun saat ini sate juga ada yang terbuat dari bahan dasar lain seperti daging ular atau biawak. Nah bagi anda yang muslim tentu harus lebih selektif agar sate yang anda pilih halal untuk dikonsumsi. Sate bisa ditemukan di banyak tempat dan telah diakui sebagai makanan khas Indonesia. Makanan ini juga cukup terkenal di luar negeri khususnya di kawasan Asia Tenggara.
Anda bisa dengan mudah mendapatkan sate dari mulsi tempat lesehan, penjual keliling, sampai restoan-restoran besar. Sate juga memiliki aneka cita rasa tergantung dari daerah mana sate tersebut berasal. Namun di Indonesia sate yang paling digemari adalah sate madura. Ya, sate Madura sangat digandrungi banyak kalangan karena rasanya yang khas dan beda dari jenis sate lain pada umumnya.
menyantap-sate-ayam

Sate biasanya disajikan dengan saus kacang dan kecap manis. Bisa pula ditambahkan irisan bawang merah, acar, mentimun, dan lontong sebagai pelengkap. Dalam tradisi Islam, sate biasanya digunakan sebagai santapan khusus saat Idul Adha. Ya, daging sapi atau kambing yang telah disembelih biasanya akan di buat sate dan di panggang bersama-sama. Selain sebagai tradisi tahunan, kebiasaan ini juga bisa dijadikan ajang untuk mempererat tali silaturahmi.
Seperti yang telah disebutkan di atas, sate memiliki banyak ragam tergantung cara pembuatannya. Nah bagi anda yang tertarik untuk berburu sate, anda wajib mencicipi berbagai macam jenis sate yang mungkin belum pernah anda coba sebelumnya. Ragam sate yang bisa dijadikan pilihan diantaranya sate Madura, sate padang, sate ambal, sate ponorogo, sate buntel, sate blora, sate tegal, sate banjar, sate pusut, sate lilit, sate maranggi, sate ampet, sate kikil, dan masih banyak lagi. Anda tidak perlu khawatir kehabisan banyak uang untuk menikmati beberapa jenis sate tersebut, karena biasanya harga sate cukup ekonomis yaitu sekitar Rp. 15.000 untuk satu porsi.