Tips Berkendara Pada Malam Hari

Tips Berkendara pada malam hari jelas sangat berbeda dengan berkendara di siang hari. Mata anda harus bekerja jauh lebih ekstra karena intensitas cahaya begitu lemah. Apalagi jika anda berkendara di sepanjang jalan yang sangat minim diterangi cahaya. 
Hal ini bisa membuat mata anda cepat lelah dan berisiko terjadinya kecelakan. Anda tentu tidak ingin hal tersebut terjadi bukan? Nah oleh sebab itu diperlukan beberapa tips khusus saat berkendara pada malam hari.
Dibawah ini akan diuraikan secara singkat mengenai beberapa tips berkendara pada malam hari agar anda terhindar dari kecelakaan.
tips-berkendara-pada-malam-hari

Hindari tatapan langsung dengan lingkaran cahaya. Hal ini bisa membuat mata anda silau sehingga fokus mata menjadi terganggu.

Saat berpapasan dengan kendaraan lain dari arah depan, lakukan beberapa kedipan mata supaya mata bisa cepat beradaptasi melihat ke arah depan dengan baik. Gunakan high beam untuk mempermudah penglihatan jarak jauh.

Saat menemui tikungan, gunakan lampu jauh dan bunyikan klakson untuk mewaspadai adanya mobil dari arah berlawanan. Hal ini penting karena kebanyakan kecelakan terjadi pada tikungan akibat kelalaian pengendara yang tidak membunyikan klakson.

Anda juga bisa memanfaatkan penuntun jalan seperti rambu-rambu lalulintas. Kacamata kusus mengemudi malam hari juga bisa anda gunakan untuk media pembantu.

Selain mempraktekan tips-tips di atas, hal yang paling penting adalah anda harus mengemudi dalam keadaan sehat dan tidak mengantuk. Suvei mencatat bahwa salah satu penyebab paling tinggi terjadinya kecelakaan adalah mengemudi dalam keadaan mengantuk. Kondisi mengantuk akan membuat anda sulit berkonsentrasi saat mengemudi dan cenderung ugal-ugalan. 
Hal lain yang harus anda perhatikan adalah jangan pernah meremehkan kondisi jalan yang kosong. Tetaplah mengemudi dengan benar dan fokus meskipun jalanan tidak banyak dilalui oleh kendaraan lain. Karena bisa saja kendaraan lain muncul dari arah samping, sehingga hal ini sangat sulit anda perkirakan.
Nah itulah beberapa tips berkendara pada malam hari yang mungkin bisa membantu anda. Jangan sampai nyawa anda melayang hanya karena kelalaian saat mengemudi.