Obat Untuk Mengatasi Tenggorokan Gatal

Obat Untuk Mengatasi Tenggorokan Gatal-Perubahan cuaca dan musim jadi penyebab utama munculnya beberapa jenis penyakit, salah satunya adalah tenggorokan gatal. Ternyata, itu merupakan salah satu pertanda datangnya penyakit batuk dan pilek. Bukanlah hal yang menyenangkan, berbicara atau melakukan kegiatan sehari-hari jadi tidak nyaman. Bagaimana cara mengatasinya?

Adapun obat tenggorokan gatal, baik medis ataupun tradisional telah terbukti ampuh, seperti: 

1. Obat medis Alergi merupakan salah satu pemicu tenggorokan gatal, itu bisa diatasi dengan pengobatan medis yang tersedia di apotik. Bila merasakan gejala ringan dan tak terlalu parah, gunakan obat antihistamin atau sejenisnya yang diformulasi khusus mengatasi alergi. Gunakan secara teratur untuk mencegah alergi datang lagi.

2. Lozenge Iritasi dan kering bikin tenggorokan terasa gatal. Obat tenggorokan gatal yang disebabkan dua kondisi tersebut adalah lozenge, baik berupa permen hisap atau obat batuk. Lozenge akan membuat mulut memproduksi lebih banyak air mulut yang berguna untuk mengusir iritasi dan kering di tenggorokan. Beragam produk yang tersedia di pasaran, tawarkan beragam rasa segar.

3. Obat resep Infeksi bakteri merupakan salah satu penyebab gatal pada tenggorokan dan perlu diatasi secara serius. Obat tenggorokan gatal harus diresepkan langsung oleh dokter. Biasanya, penderita akan diberikan antibiotik penghilang infeksi dan penghenti rasa gatal.

4. Minum air Jangan biarkan tenggorokan dalam kondisi kering, perbanyak minum air putih guna mencegah peningkatan lendir yang terus menebal. Sajikan minuman air hangat seperti teh yang mampu meringankan membran dan mendorong lendir turun dari tenggorokan. Hindari minuman yang mengandung susu, kafein ataupun alkohol karena memperburuk tenggorokan, jadi lebih gatal.

Bila suhu ruangan di rumah terlalu kering sehingga tenggorokan gatal dan batuk-batuk, sisihkan uang untuk membeli humidifier, sebuah alat yang berguna meningkatkan kelembaban udara.

Pengobatan Rumahan Sebuah pertolongan pertama untuk mencegah kejadian yang tidak diinginkan. Buatlah obat kumur sederhana! Campurkan setengah sendok teh garam ke dalam segelas air hangat, aduk hingga tercampur rata.

Pencegahan Alergi Obat tenggorokan gatal karena alergi bisa diatasi dengan memasang penyaring udara. Jangan berdekatan dengan perokok karena asap rokok merupakan salah satu pemicu utama. Jangan lupa bersihkan rumah dari debu dan kotoran.