3 Penyebab Utama Mata Gatal & Iritasi

Meskipun setiap orang pernah mengalami mata gatal, ternyata itu cukup mengganggu. Penyebab mata gatal bermacam-macam, ketika rasa gatal muncul maka secara otomatis penderita akan mengusap/menggosok mata dan bila berlebihan akan mengakibatkan pembengkakan atau chemosis.

Rasa gatal tidak akan hilang begitu saja, meski kondisi mata sudah membengkak dan tangan sudah tak sabar ingin segera menggosok area terinfeksi. Padahal itu sangat tidak disarankan karena area mata jadi bertambah gatal, iritasi dan bengkak membesar! Apa penyebab mata gatal? Apa saja gejala yang patut diwaspadai?

Alergi
Alergi Penyebab umum gatal di area mata adalah alergi, terutama disebabkan jamur, debu ataupun serbuk sari bunga. Ketika mata terkena salah satu pemicu alergi, senyawa histamin (histamine) akan dilepaskan oleh tubuh sebagai tindakan preventif sehingga sebabkan gatal-gatal dan pembengkakan.

Bila mata gatal disebabkan alergi, maka cara terbaik mengatasinya adalah menghindari segala penyebab alergi seperti debu, serbuk sari bunga dan jamur. Memang sulit sekali untuk menghindari semua penyebab alergi ini. 

Namun, bila gejalanya muncul, lakukan tindakan pencegahan secepat mungkin dengan obat tetes mata. Bila gatal dan iritasi tak terlalu parah, kompres saja area mata dengan es batu atau air dingin. Jika iritasi dan gatal dirasa cukup parah, gunakan obat tetes yang mengandung antihistamin (antihistamine).== Iritasi dan gatal kerap muncul atau sulit dihilangkan? Segera jalani alergi testing untuk mencari tahu penyebab utamanya!

Penyakit mata menular
Penyakit mata menular Biasanya infeksi disebabkan oleh virus atau bakteri. Selain penyebab mata gatal, penyakit infeksi ini mengakibatkan mata jadi sensitif terhadap cahaya, berair, terasa panas dan mata merah. Bila menunjukkan gejala-gejala diatas, segera temui dokter untuk resep obat tetes mata yang diperlukan. Infeksi penyakit mata menular bisa mengenai siapa saja, jadi jangan saling berbagi pakaian, sapu tangan ataupun handuk.

Mata kering
Mata kering Itu merupakan salah satu penyebab utama mata gatal. Kondisi ini terjadi bila mata tak mampu memproduksi air mata dalam jumlah cukup karena beberapa alasan tertentu, entah efek samping obat, penyakit autoimun, berada di lingkungan kering atau sedang menjalani proses penuaan alami. 

Mata kering sebabkan rasa gatal, terkadang area mata terasa terbakar, peka terhadap cahaya dan seperti ada ganjalan. Penyebab mata gatal ini perlu penanganan langsung oleh dokter, karena bisa juga dipicu oleh penyakit autoimun.