6 Macam Penyakit Yang Bisa Dideteksi Dari Mata

6 Macam Penyakit Yang Bisa Dideteksi Dari Mata - Mendeteksi sebuah penyakit memang bukan hal mudah, namun ada beberapa jenis penyakit tertentu yang bisa terpancar langsung lewat mata. Benarkah itu? Berikut enam macam penyakit yang bisa dideteksi dari mata.

Diabetes 

Bagaimana keadaan mata seorang penderita diabetes? Itu bisa diketahui bila pembuluh darah di mata terlihat sangat jelas. Mengapa bisa terjadi? Naiknya kadar gula darah akan berpengaruh langsung terhadap penyumbatan pembuluh darah yang ada di retina. Bila kadarnya begitu tinggi, maka pembuluh darah lebih rentan pecah. Tak heran bila diabetes dianggap sebagai penyakit yang mengancam kebutaan.

Tekanan Darah Tinggi 

Warna arteri mata tampak keperakan merupakan pertanda tekanan darah tinggi atau hipertensi. Fakta ini telah diungkapkan langsung oleh para dokter yang telah lama meneliti tentang penyakit ini dan sebagian besar penderita tak menyadarinya ketika sedang bercermin. Hipertensi merupakan penyakit serius dan butuh pengobatan secepat mungkin. Bila pembuluh darah mengeras, potensi serangan stroke dan jantung semakin tinggi.

Melanoma 

Ini merupakan sejenis kanker kulit yang terkenal ganas. Tak hanya terjadi di area kulit saja, tetapi mata dan organ di dalam tubuh. Bagaimana cara mengetahui seseorang terkena melanoma mata? Munculnya sebuah titik kecil tepat di lapisan pigmen mata, radiasi sinar matahari akan meningkatkan resiko penyakit. Karena termasuk salah satu macam penyakit yang bisa dideteksi dari mata, penderita disarankan melakukan pemeriksaan sejak dini.

Central Serous Retinopathy 

Penyakit ini lebih dikenal dengan istilah CSR. Penderita mengalami kelainan retina, entah itu akibat emosi atau stres berlebih. Pandangan mata tidak jelas dan kabur. CSR bisa terobati tanpa harus melalui pengobatan medis, penderita cukup mengurangi beban pikiran dari stres atau emosi. Lakukan kegiatan menyenangkan untuk sekedar ‘refreshing’ otak.

Inflamasi mata 

Bagaimana penyakit ini bisa menyerang? Pemicu utamanya adalah gangguan sistem kekebalan tubuh yang menyerang sel-sel sehat di bagian mata. Gejala inflamasi atau peradangan yakni mata terasa kering dan gatal. Inflamasi mata merupakan salah satu macam penyakit yang bisa dideteksi dari mata dan sebuah pertanda jenis penyakit lain seperti radang sendi atau lupus. 

Alergi mata 

Efek alergi tidak hanya terjadi pada saluran pencernaan dan kulit saja, tetapi mata. Pemicunya berupa serbuk bunga, bulu binatang dan debu. Bila masuk ke area mata, maka organ penglihatan akan memproduksi zat-zat kimia dan histamin sebagai bentuk perlawanan. Dalam proses ini, pembuluh darah mata membengkak, gatal dan memerah. 

Demikianlah enam macam penyakit yang bisa dideteksi dari mata. Bila menemukan salah satu ciri dari penyakit diatas, jangan cepat mengambil kesimpulan sebelum konsultasi ke dokter.