5 Tips Dalam Memilih Dokter Kandungan

5 Tips Dalam Memilih Dokter Kandungan - Ketika memasuki masa kehamilan, wanita harus segera mencari dokter kandungan pribadi untuk pemeriksaan secara rutin. Mencari yang terbaik itu susah-susah gampang. Berikut ini beberapa tips dalam memilih dokter kandungan yang perlu dipelajari secara cermat.

Cari Rekomendasi

Tanyakan pada teman atau saudara yang pernah menjalani masa kehamilan, minta rekomendasi. Ada banyak informasi berharga yang bisa diperoleh, semakin banyak bertanya pada teman atau saudara, menemukan yang terbaik jadi semakin mudah. Buatlah sebuah daftar dokter kandungan, catat informasi-informasi penting mulai dari pelayanan, keramahan, asuransi, kemudahan konsultasi dan sebagainya.

Tanggungan Asuransi

Cari dokter kandungan yang ditanggung oleh perusahaan asuransi. Sebenarnya, banyak penyedia asuransi punya daftar dokter yang masuk ke dalam jaringan. Lakukan seleksi secara ketat dari daftar dokter kandungan yang diajukan perusahaan asuransi. Ketik nama dokter di internet, siapa tahu ada informasi atau ulasan berharga yang bisa diperoleh dan jadi bahan pertimbangan utama.

Dokter pria atau wanita

Ini dia salah satu tips dalam memilih dokter kandungan yang tampak sederhana namun perlu pertimbangan ketat. Tentukan pilihan, apakah dokter pria atau wanita. Beberapa wanita mungkin merasa sungkan memilih dokter pria, namun sebenarnya ini hanya pilihan saja, tergantung kecocokan. Perusahaan asuransi mungkin punya daftar dokter kandungan pria dan wanita, seleksi saja.

Sesi tanya jawab

Setelah memiliki daftar dokter kandungan di tangan, hubungi dokter yang paling banyak direkomendasikan via telepon dan ajukan beberapa pertanyaan penting sebelum membuat janji pertemuan. Tanyakan tentang pertanggungan asuransi, jadwal pertemuan, lama pengalaman kerja, ketersediaan waktu bila diperlukan terutama sewaktu proses bersalin tiba. Tips dalam memilih dokter kandungan: “hapus atau coret saja bila ada dokter kandungan yang tidak memberi jawaban memuaskan.”

Kunjungan pertama

Selesai menyeleksi via telepon, buatlah janji ketemu. Kunjungan pertama merupakan cara yang paling sempurna menilai profesionalisme sang dokter. Sebagai calon pasien, perhatikan secara menyeluruh segala aspek, mulai dari tempat praktek, pelayanan staf pegawai, kebersihan dan privasi. Bila ada yang kurang memuaskan, tak perlu ragu mengunjungi tempat lain.

Mengapa harus selektif mencari dokter kandungan? Masa kehamilan akan berlangsung selama sembilan bulan, menjaga kesehatan bayi dan ibu hamil itu sangat penting. Dokter kandungan punya peranan yang sangat penting jelang masa bersalin. Terapkan lima tips dalam memilih dokter kandungan diatas, meskipun memakan waktu seminggu tetapi sangat membantu.