6 Manfaat Dan Khasiat Beras Merah Bagi Tubuh Kita

6 Manfaat Dan Khasiat Beras Merah Bagi Tubuh Kita - Bila bosan mengkonsumsi beras putih, coba ganti dengan beras merah. Selain rasanya lezat, ada beragam manfaat dan khasiat beras merah bagi tubuh kita yang jarang diketahui masyarakat secara luas. 


Kaya serat

Beras merah lebih kaya serat bila dibandingkan beras putih. Jenis beras ini termasuk ke dalam kategori karbohidrat kompleks yang terbukti bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Sedangkan beras putih termasuk ke dalam kategori karbohidrat sederhana atau simple carbohydrate yang justru berbahaya bagi tubuh bila dikonsumsi berlebih. 

Pengendali kadar gula darah 

Beras merah terkenal sebagai pengendali kadar gula darah karena kandungan indeks glikemik yang rendah bila dibandingkan beras putih. Apa itu indeks glikemik? Sebuah indikasi yang menunjukkan potensi peningkatan kadar gula darah yang berasal dari makanan berkarbohidrat.  

Karena kandungan indeks glikemik yang rendah, beras merah mampu mengatur kadar gula darah dan produksi insulin di dalam tubuh. Jenis beras ini terkenal sebagai sumber energi yang dibutuhkan tubuh.

Cepat kenyang 

Menurut sebuah studi British Journal of Nutrition, beras merah cepat memberi rasa kenyang bila dibandingkan beras putih. Jenis beras ini memang termasuk ke dalam kategori karbohidrat kompleks, sama halnya seperti oatmeal dan gandum utuh. Itulah salah satu manfaat dan khasiat beras merah bagi tubuh kita karena rasa cepat kenyang membantu penyusunan porsi makan harian, cocok sekali dalam penerapan metode diet.

Kandungan antioksidan 

Beras merah merupakan sumber zat besi yang membantu pembentukan antioksidan di dalam tubuh, berfungsi melawan radikal bebas yang berpotensi mengancam kesehatan. Jadi, tak ada alasan untuk tidak mengkonsumsi beras merah setiap hari. Beras merah kaya akan zinc, sebuah senyawa mineral yang membantu proses penyembuhan dan menjaga sistem kekebalan tubuh. Zinc merupakan antioksidan yang melindungi tubuh dari radikal bebas perusak jaringan dan sel.

Kaya Vitamin B6

Beras merah terkenal dengan kandungan Vitamin B6 yang membantu tingkatkan fungsi organ di dalam tubuh. Vitamin ini diperlukan dalam pembentukan serotonin, sel-sel darah merah dan produksi sel-sel DNA.

Turunkan kadar kolesterol jahat

Beras merah turunkan kadar kolesterol jahat dan tingkatkan kadar kolesterol baik. Sebaiknya sertakan beras merah ke dalam menu harian guna menjaga kesehatan yang lebih baik. 

Itulah beragam manfaat dan khasiat beras merah bagi tubuh kita. Bila mencari sumber karbohidrat harian, pilih saja beras merah daripada beras putih yang memberi manfaat positif bagi kesehatan.