4 Cara Ampuh Mengusir Tikus Di Rumah

Cara Ampuh Mengusir Tikus Di Rumah - Tikus merupakan salah satu jenis hewan pengerat yang kerap menjadi hama pengganggu di dalam rumah. Mereka seringkali masuk ke dalam dapur dan merusak persediaan makanan yang sudah tersimpan rapi. Para pemilik rumah memelihara kucing guna mengatasinya, namun tak sepenuhnya berhasil. Bila demikian, coba saja empat cara ampuh mengusir tikus di rumah yang tertulis lengkap berikut ini.


Racun atau tangkap

Dua pilihan cara ampuh mengusir tikus di rumah, meracuni atau menangkap mereka. Bila ingin meracuni tikus, beli racun yang sudah terbukti ampuh membunuh tikus tanpa mengeluarkan bau. Setelah terkena racun, tikus bisa mati di mana saja sekitar area rumah, bau bangkai menyengat akan terasa. Oleh karena itu, beli racun tikus tanpa bau. Bila ingin menangkap tikus, siapkan perangkap kandang ukuran besar. Perangkap kandang dirasa lebih baik daripada perangkap jepit. Karena ukuran tikus yang tak diketahui pasti, pilih saja yang ukuran besar.

Mencari lokasi sarang

Tentu tak mudah mencari lokasi sarang tikus, namun cukup ketahui tempat akses tikus masuk ke dalam rumah. Biasanya, tikus masuk lewat sebuah lubang pintu yang dibuat sendiri, saluran drainase atau lubang tanah. Bila menemukan lokasi akses, letakkan racun atau kandang perangkap yang sudah disiapkan.

Memasang perangkap

Sebelum membeli racun tikus, baca dulu cara pemakaian secara mendalam hingga mengerti. Bila sudah membeli, buka kemasan dan tuangkan isinya ke dalam makanan, campur merata. Angkat dan letakkan persis dekat lokasi akses hewan pengerat itu. Racun akan menyebabkan pendarahan internal, tikus akan mati secara perlahan. *Ini sangat berbahaya bagi manusia dan hewan peliharaan*

Suatu cara ampuh mengusir tikus di rumah yakni meletakkan perangkap kandang dekat lokasi akses. Letakkan makanan di dalamnya agar tikus tergoda masuk. Bila sudah memasang perangkap sesuai keterangan yang tertulis, tikus akan masuk ke dalam jebakan dan tak bisa lari keluar. Lebih baik memasang jebakan (perangkap kandang atau racun) di malam hari, periksa kondisi pada pagi atau siang hari.

Membuang tikus

Tikus yang terjebak ke dalam perangkap kandang bisa dilepaskan ke daerah lain yang jauh dari rumah. Bawa kandang ke area sepi tanpa ada perumahan di sekitar. Tikus tergolong hewan pengerat nan pintar, mereka bisa kembali ke sarang bila dilepaskan ke area yang masih berdekatan. Bila menemukan bangkai tikus yang mati akibat racun, angkat dan masukkan ke dalam kantong plastik, lalu dibuang ke tempat yang jauh.


Itulah cara ampuh mengusir tikus di rumah, ikuti empat langkah diatas agar hunian bebas dari hama pengganggu perusak dapur. Selain memakai racun, perangkap kandang sangat efektif. Pilihlah sesuai kebutuhan dan masalah yang dihadapi, bila populasi tikus cukup tinggi, gunakan saja racun.