Ini Dia 6 Penyebab Kenapa Wajah Anda Berminyak

Ini Dia 6 Penyebab Kenapa Wajah Anda Berminyak - Beberapa orang merasa tidak percaya diri punya wajah berminyak. Sebelum mengatasi permasalahan kulit ini, sebaiknya mengetahui pemicu utama. Ini dia 6 penyebab kenapa wajah anda berminyak dan terasa mengganggu.



Pemakaian kosmetik wajah

Wanita sulit dilepaskan dari pemakaian produk kosmetik wajah karena manfaatnya yang luar biasa dalam menutup jerawat, noda hitam dan minyak. Memakai makeup tentu sangat membantu tingkatkan rasa percaya diri tampil di hadapan publik, namun jangan terus dikenakan. Makeup harus segera dibersihkan, terutama setelah kegiatan selesai atau menjelang tidur.

Makeup dan produk kosmetik merupakan salah satu biang kerok penyebab kulit wajah berminyak. Hati-hati dalam memilih sebuah produk, pastikan tertera label "oil-free" dan "non-comedogenic" yang pertanda bahwa aman untuk kulit berminyak. Sediakan toner pembersih makeup di meja rias.

Pengaruh lingkungan

Lingkungan yang tak kondusif merupakan salah satu penyebab kenapa wajah anda berminyak. Kelembaban berlebih pada suatu lingkungan akan memicu kulit berkeringat dan berminyak. Agar tidak mengalami hal ini, lakukan pembersihan rutin di pagi dan malam hari. Beberapa jenis produk diciptakan khusus bagi kulit berminyak untuk mengatasi daerah atau lingkungan lembab. Konsultasikan kepada dokter kulit guna memperoleh rekomendasi produk yang tepat.

Jenis Makanan

Beberapa jenis makanan tertentu bisa memicu kulit berminyak, terutama mengonsumsi makanan glikemik tinggi yang akan meningkatkan produksi sebum. Ini dia penyebab kenapa wajah anda berminyak dan oleh karena itu, terapkan pola makan sehat dan memilih makanan glikemik rendah. 

Stress

Salah satu pemicu kulit berminyak adalah stres, mengapa? Ketika seseorang dalam kondisi tertekan atau stres, kulit akan memproduksi minyak berlebih, terutama di area wajah. Oleh karena itu, pemilik kulit berminyak tidak boleh terjebak dalam suatu keadaan pemicu stres, selalu tenang dalam menghadapi setiap persoalan. 

Genetika

Kulit berminyak terjadi akibat genetika. Bila salah satu pasangan dalam sebuah keluarga memiliki kulit berminyak, maka sang anak punya resiko tinggi memiliki kelenjar sebaceous yang lebih besar, pemicu produksi minyak berlebih. Kulit wajah berminyak lebih rentan mengalami penyumbatan pori-pori dan jerawat.

Pengobatan dan hormonal

Bila sedang menjalani jenis pengobatan tertentu, produksi minyak akan meningkat. Mengapa? Beberapa jenis pengobatan akan menyebabkan dehidrasi yang meningkatkan produksi minyak berlebih. Selain itu, faktor perubahan hormonal akan memperburuk keadaan, ini sering dialami oleh para wanita. Hormon yang tak menentu akan melebarkan kelenjar sebaceous.

Ini dia 6 penyebab kenapa wajah anda berminyak, yakni: pemakaian kosmetik wajah, pengaruh lingkungan, jenis makanan tertentu, stres, genetika, pengobatan dan hormonal. Pengaruh genetika mungkin sulit teratasi sepenuhnya, tetapi masalah kulit berminyak bisa ditekan.