5 Gejala Kanker Serviks Yang Harus Diwaspadai

Gejala Kanker Serviks Yang Harus DiwaspadaiKanker serviks merupakan salah satu jenis penyakit mematikan yang jadi momok mengerikan bagi seluruh wanita. Meskipun demikian, masih banyak wanita yang tak mengetahui tanda ataupun gejala yang dialami. Berdasarkan hasil penelitian, ada beberapa gejala kanker serviks yang harus diwaspadai dan patut dicurigai.


Pendarahan abnormal

Biasanya, gejala kanker serviks diawali pendarahan abnormal via alat kelamin wanita. Pendarahan yang dialami tak ada sangkut pautnya dengan siklus bulanan atau menstruasi, bila itu terjadi maka disarankan pergi ke dokter kandungan guna mengetahui penyebab utama. Pendarahan abnormal tak hanya pertanda kanker serviks sebab bisa terjadi akibat aktifitas seksual atau hal lainnya.

Keputihan abnormal

Setiap wanita mungkin pernah mengalami keputihan, namun perlu dipelajari lebih lanjut mengenai perbedaan keputihan normal dan abnormal. Gejala keputihan normal berupa cairan putih, terkadang kekuningan, tapi tak berbau busuk. Sedangkan gejala keputihan abnormal berupa cairan tebal, berlendir dan mengeluarkan bau busuk tak sedap. Keputihan abnormal termasuk gejala kanker serviks yang harus diwaspadai, bila itu terjadi maka diharapkan menemui dokter secepatnya.

Nyeri panggul

Sebagian besar wanita mengalami rasa tak nyaman dan nyeri di area panggul sebelum atau selama masa menstruasi berlangsung. Meski itu terdengar normal, tapi bila berlangsung terus-menerus tiada henti maka perlu konsultasi ke dokter. Wanita yang terdiagnosis kanker serviks sering mengalami nyeri panggul ringan hingga parah dan berlangsung selama berjam-jam. Walaupun nyeri panggul sering dikaitkan gejala penyakit lain, tak ada salahnya konsultasi ke dokter guna pencegahan lebih lanjut.

Nyeri saat buang air kecil

Salah satu gejala kanker serviks yang harus diwaspadai dan dicurigai adalah nyeri saat buang air kecil. Kejadian ini terjadi bila sel-sel kanker telah menyebar luas hingga ke kandung kemih. Dalam beberapa kasus, nyeri saat buang air kecil mungkin berkaitan dengan penyakit lain seperti infeksi saluran kemih.

Nyeri saat berhubungan intim

Wanita akan merasa nyeri atau kesakitan saat berhubungan intim. Ini merupakan gejala tingkat akhir dan patut dicurigai. Rasa nyeri akan tetap berlangsung usai berhubungan intim, segera konsultasi ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut sebagai langkah antisipasi hal yang tak diinginkan.


Itulah lima gejala kanker serviks yang harus diwaspadai dan dicurigai. Beberapa gejala diatas mungkin berkaitan dengan penyakit lain, namun tak ada salahnya segera konsultasi ke dokter. Jangan pernah berharap semua gejala akan mereda dan pergi begitu saja. Dokter sendiri akan melakukan beberapa tes untuk memastikan pertumbuhan dan infeksi sel-sel kanker.