8 Cara Mengobati Penyakit Darah Tinggi Secara Alami

8 Cara Mengobati Penyakit Darah Tinggi Secara AlamiSeiring bertambahnya usia, beberapa jenis penyakit akan mudah menjalar ke tubuh dan salah satunya adalah darah tinggi. Beragam faktor yang menyebabkan seseorang terkena penyakit darah tinggi, tapi beragam pengobatan yang bisa ditempuh, entah secara alami ataupun medis. Artikel ini menyajikan beberapa cara mengobati penyakit darah tinggi secara alami.


Bawang putih

Menurut penelitian sejumlah pakar kesehatan, kandungan bawang putih bantu meredakan tekanan darah. Mengonsumsi bawang putih, baik mentah atau olahan, bermanfaat bagi kesehatan. Itu juga dapat digunakan sebagai pengganti garam, pemberi rasa pada masakan agar lebih lezat dan enak dilidah.

Sayuran dan buah-buahan

Penderita penyakit darah tinggi dianjurkan lebih banyak mengonsumsi sayuran dan buah-buahan. Sayuran memiliki kandungan yang bantu meredakan tekanan darah tinggi, jadi tak ada salahnya mulai menjadi seorang vegetarian. Buah-buahan baik dikonsumsi sebagai camilan sehat, pilihan tepat untuk melawan diabetes.

Kalsium

Ini termasuk cara mengobati penyakit darah tinggi secara alami, manfaatnya baik untuk kesehatan jantung agar terus berdetak sesuai ritme, efeknya pun bisa dirasakan langsung oleh ginjal. Menurut hasil penelitian para ahli, kalsium mampu meredakan tekanan darah tinggi. Makanan berkalsium tinggi lebih disarankan daripada suplemen, efeknya lebih terasa.

Pisang

Buah lezat ini sudah terbukti ampuh menurunkan tekanan darah. Lebih banyak mengonsumsi pisang dianjurkan para ahli kesehatan. Buah pisang terkenal kaya potassium yang baik bagi penderita darah tinggi, namun bila sulit mencarinya, gantikan dengan labu, blewah, kentang rebus, ubi jalar panggang, bayam, jus jeruk, kismis dan aprikot kering.

Brokoli

Sayuran berserat tinggi termasuk cara mengobati penyakit darah tinggi secara alami! Penderita darah tinggi memang disarankan mengonsumsi makanan berserat tinggi terutama brokoli yang ampuh menurunkan tekanan darah. Jadi, sertakan sayur brokoli ke menu harian beserta sayuran dan buah-buahan kaya serat.

Daun seledri

Menurut penelitian para pakar kesehatan, daun seledri kaya kandungan 3-N-butylphthalide yang bantu menurunkan kadar tekanan darah. Senyawa itu tak ditemukan pada jenis sayuran lain. Manfaat lain daun seledri yakni mengurangi stres hormon yang menyempitkan pembuluh darah.

Cabe rawit

Ternyata, cabe rawit ampuh menurunkan tekanan darah tinggi dan termasuk metode alami yang cukup populer. Cabe rawit memperlancar aliran darah dengan mencegah terjadinya penggumpalan. Tambahkan cabe rawit ke menu harian, entah itu disajikan sebagai sambal.

Vitamin C

Mengonsumsi makanan atau suplemen yang mengandung vitamin C bantu menyingkirkan radikal bebas. Berdasarkan penelitian, radikal bebas merusak dinding arteri dan menyebabkan tekanan darah naik seketika.

Itulah beberapa cara mengobati penyakit darah tinggi secara alami. Ternyata, beberapa jenis makanan memberi manfaat luar biasa bagi penderita darah tinggi. Selain menjalani metode alami, padukan pula dengan metode medis untuk hasil yang lebih optimal.