7 Manfaat Buah Apel Bagi Kesehatan

7 Manfaat Buah Apel Bagi KesehatanBuah apel tak hanya dinikmati sebagai makanan pencuci mulut saja. Mengonsumsi satu buah apel setiap hari memberi manfaat luar biasa bagi kesehatan. Buah-buahan mengandung beragam senyawa penting yang dibutuhkan oleh tubuh, termasuk apel. Berikut ini tujuh manfaat buah apel bagi kesehatan.


Penurun kolesterol

Satu buah apel ukuran sedang mengandung 4 gram serat yang sebagian besar berbentuk pection, senyawa serat yang mampu menurun kadar kolesterol jahat (LDL). Senyawa tersebut menghentikan penyerapan kolesterol sehingga lebih banyak digunakan, bukan ditimbun di dalam tubuh.

Teman diet

Apel termasuk buah kaya serat yang membuat perut terasa kenyang tanpa kandungan kalori tinggi, apel ukuran sedang mengandung 95 kalori. Buah ini menawarkan serat kompleks yang lebih baik daripada serat sederhana pada biji-bijian olahan atau gula. Kandungan serat apel ukuran sedang sekitar 3-4 gram, sementara kebutuhan harian sekitar 25-40 gram sehari.

Tetap langsing

Kulit apel memiliki komponen yang bernama asam ursolat, suatu senyawa yang bantu menurunkan resiko kegemukan. Asam ursolat meningkatkan pembakaran kalori dan menambah massa otot. Ini dia salah satu manfaat buah apel bagi kesehatan yang cocok bagi penggiat diet.

Paru-paru sehat

Mengonsumsi 5 atau lebih buah apel dalam seminggu meningkatkan kemampuan fungsi paru-paru. Kulit buah apel mengandung senyawa antioksidan bernama quercetin, hal sama yang terdapat di kulit tomat dan bawang merah. Berdasarkan penelitian lanjutan tahun 2007 silam, seorang wanita yang sering mengonsumsi apel, keturunannya berpotensi lepas dari resiko asma.

Penghilang pilek

Buah apel punya manfaat yang hampir serupa buah jeruk orange. Apel kaya vitamin C yang meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Apel ukuran sedang mengandung 8 miligram vitamin C yang memenuhi asupan 14% yang dibutuhkan oleh tubuh.

Lawan kanker

Seorang peneliti Perancis di tahun 2004 silam menemukan senyawa pencegah kanker usus besar. Namun berdasarkan penelitian di tahun 2007 silam, ditemukan senyawa triterpenoid yang berfungsi melawan kanker payudara, usus besar dan hati. Jadi, makan apel tiap hari bantu mencegah resiko kanker di masa depan.

Cegah diabetes

Menurut hasil studi tahun 2012 yang tercatat di American Journal of Clinical Nutrition, manfaat buah apel bagi kesehatan yaitu menurunkan potensi diabetes tipe 2. Apel mengandung anthocyanins, suatu senyawa yang memberi warna biru, ungu dan merah pada sayuran dan buah-buahan.


Penyembuh pilek alami, menjaga fungsi paru-paru, penurun kolesterol, pencegah diabetes dan kanker merupakan manfaat buah apel bagi kesehatan. Bila ingin program diet berhasil, jangan lupa menyertakan apel ke daftar menu makan harian.