5 Manfaat Buah Kiwi Bagi Kesehatan

5 Manfaat Buah Kiwi Bagi KesehatanPopularitas buah kiwi sudah terkenal di Indonesia sejak awal tahun 90-an. Selain menawarkan rasa lezat dan segar, cara makannya cukup unik. Buah di potong jadi dua bagian, lalu daging buah diceruk pakai sendok. Tak hanya warna dan bentuk yang khas, beragam manfaat buah kiwi bagi kesehatan jarang diketahui oleh masyarakat luas.


Kaya vitamin C

Jeruk bukanlah buah yang memiliki kadar vitamin C tertinggi, kiwi sudah membuktikan. Satu buah kiwi mengandung vitamin C yang lebih banyak dari satu atau dua buah jeruk. Bahkan SunGold kiwi mengandung kadar vitamin C yang sama dengan tiga buah jeruk. Peran vitamin ini sangat baik bagi tubuh, memperkuat daya tahan dan memastikan kesehatan pembuluh darah, tulang dan gigi.

Kaya serat

Jenis kiwi hijau memiliki kadar serat tertinggi yang bantu meningkatkan fungsi sistem pencernaan secara alami. Secara garis besar, kiwi mengandung senyawa pencahar alami yang dinamakan enzim actinidine. Enzim tersebut bantu tubuh mengolah protein yang meningkatkan kemampuan sistem pencernaan.

Menurut laporan mengenai manfaat buah kiwi bagi kesehatan, hanya kiwi saja yang memiliki enzim actinidine. Makan kiwi setiap hari dipadu minum air secukupnya, olahraga dan diet seimbang adalah kunci meraih sistem pencernaan yang sehat sehingga metabolisme tubuh lebih cepat, begitu pula dalam pembuangan limbah.  

Kaya asam folat

Dokter kandungan menyarankan wanita hamil atau mereka yang segera bersalin untuk mengonsumsi buah kiwi. Berdasarkan hasil penelitian para ahli, kiwi mengandung vitamin B yang bantu pembentukan janin di dalam rahim. Jadi, bila mencari makanan yang mengandung asam folat, makan saja kiwi lalu padukan dengan makanan kaya asam folat lainnya.

Kaya antioksidan

Jenis buah kiwi kuning dan hijau mengandung kadar antioksidan tertinggi yang berfungsi melindungi tubuh dari zat-zat yang berbahaya atau radikal bebas. Kandungan tersebut melindungi tubuh dari beragam jenis penyakit dan perubahan fisik akibat bertambahnya usia.

Pembakar lemak

Manfaat buah kiwi bagi kesehatan yaitu sebagai pembakar lemak. Jenis kiwi SunGold dan Zespri Green memiliki kadar glycemic index rendah (38 dan 39). Artinya, karbohidrat tidak akan cepat diambil tubuh dan hanya sebagian glukosa saja yang dilepaskan ke aliran darah. Hasilnya, lemak cepat terbakar, rasa lapar tidak cepat datang. Mengonsumsi kiwi setiap hari bakal menurunkan resiko penyakit jantung dan diabetes.


Beragam manfaat buah kiwi bagi kesehatan disebabkan kandungan senyawa-senyawa penting yang diperlukan oleh tubuh sehingga terbebas dari berbagai jenis penyakit. Harga buah kiwi mungkin sedikit menguras kantong, tapi tak ada salahnya bila menikmati 4-5 buah dalam seminggu.