7 Manfaat Buah Alpukat Bagi Kesehatan

7 Manfaat Buah Alpukat Bagi KesehatanAlpukat merupakan buah tropis yang paling nikmat disajikan sebagai minuman jus atau smoothie. Beragam kreasi minuman memakai alpukat, bahkan sebagai campuran es buah. Usut punya usut, ada beragam manfaat buah alpukat bagi kesehatan yang belum dikenal masyarakat Indonesia. Padahal ini termasuk buah yang paling gampang dijumpai, tersedia di pasar tradisional hingga toko buah.


Tekanan darah
Alpukat mengandung potassium yang lebih tinggi daripada buah pisang, 30 persen lebih banyak. Kombinasi asam oleat, omega 3 dan potassium bantu menurunkan tekanan darah tinggi. Oleh karena itu, sertakan alpukat ke daftar menu makan harian.

Masa hamil
Ibu hamil disarankan mengonsumsi buah alpukat karena mengandung asam folat. Senyawa tersebut sangat penting dalam pengembangan otak janin dan organ-organ penting lainnya. Meskipun asam folat tersedia dalam bentuk suplemen tambahan, lebih baik lagi bila diperoleh secara alami. Semakin sering mengonsumsi alpukat, semakin rendah resiko stroke.

Mata sehat
Bila ingin menjaga kesehatan mata, jangan lupa makan alpukat. Buah ini mengandung senyawa antioksidan bernama leutein karotenoid yang berfungsi melindungi mata dari kerusakan stres oksidatif sehingga berpotensi mengalami katarak, degenerasi makula dan penurunan kemampuan penglihatan. Inilah manfaat buah alpukat bagi kesehatan mata.

Saluran pencernaan
Apakah saluran pencernaan anda bermasalah? Kandungan enzim dan gizi dalam buah alpukat bantu mengurangi lapisan mukosa usus halus dan peradangan di perut. Efek positifnya adalah kemampuan tubuh dalam menyerap gizi dan karotenoid semakin meningkat.

Jantung sehat
Buah alpukat kaya monounsaturated fats atau lemak tak jenuh tunggal yang bantu meningkatkan kesehatan jantung dan menurunkan tekanan darah. Lemak tak jenuh tunggal mengandung phytonutrient beta-sitosterol yang terbukti valid menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida di dalam darah serta meningkatkan kolesterol baik (HDL).

Cegah Alzheimer
Menurut penelitian Dr. Daniel G. Amen, alpukat merupakan makanan bernutrisi bagi otak yang bantu mengurangi resiko penyakit Alzheimer. Hal itu disebabkan kandungan asam folat yang mencegah pembentukan kusut otak, suatu pemicu utama mengapa seseorang menderita Alzheimer. Inilah manfaat buah alpukat bagi kesehatan otak.

Gula darah
Lemaktak jenuh tunggal atau monounsaturated fats yang terkandung di dalam buah alpukat bantu mencegah resistensi insulin, sumber utama penyakit diabetes tipe 2. Alpukat mengandung serat yang mudah larut untuk mencegah peningkatan gula darah secara tiba-tiba.


Inilah tujuh manfaat buah alpukat bagi kesehatan yang mungkin masih belum dikenal sebagaian besar masyarakat Indonesia. Alpukat termasuk jenis buah yang mudah ditemui, namun harganya sedikit mahal. Sajikan sebagai minuman jus tanpa campuran gula atau susu.