7 Manfaat Asparagus Untuk Kesehatan

7 Manfaat Asparagus Untuk KesehatanSayur asparagus sudah tak lagi asing di telinga masyarakat Indonesia, bahkan seringkali digunakan sebagai bahan pangan masakan lokal. Selain menawarkan rasa otentik, asparagus mengandung nutrisi yang baik bagi tubuh. Berikut beberapa manfaat asparagus untuk kesehatan yang sudah teruji melalui penelitian para ahli.


Penguat tulang
Asparagus merupakan jenis sayuran yang kaya vitamin K dan dikenal penting bagi pencegahan darah menggumpal. Vitamin ini memang sangat diperlukan oleh tulang, pertumbuhan sel-sel dan pembaruan jaringan di dalam tubuh. Bila menyatu bersama vitamin D, kesehatan tulang jadi lebih terjaga dan kuat.

Enam batang asparagus mengandung 25% kebutuhan harian vitamin A. Ini merupakan senyawa antioksidan terkuat yang diperlukan oleh tubuh dan berfungsi sebagai pelindung kulit dari bahaya sinar matahari. Vitamin A mengurangi produksi sebum di dalam pori-pori dan mencegah jerawat akibat penyumbatan dan kulit berminyak. Ini dia manfaat asparagus untuk kesehatan kulit.

Jaga otak & liver
Sayur asparagus mengandung vitamin B yang merupakan komponen penting dalam menjaga fungsi liver dan otak. Pola makan tanpa atau rendah thiamine mengakibatkan sindrom Wernicke-Korsakoff yang membuat seseorang mengalami halusinasi, tremor dan "mental confusion". Kekurangan thiamine sering disebabkan asupan alkohol yang terlalu tinggi.

Jaga sistem peredaran darah
Bila ingin meningkatkan kualitas dan fungsi sistem peradaran darah, makan asparagus. Sayur ini kaya potassium yang mengirimkan impuls listrik sehingga peradaran darah berjalan lebih lancar, tak hanya itu saja, senyawa potassium menjaga keseimbangan air di dalam tubuh. Mengapa harus asparagus? Kandungan potassium menjaga keseimbangan tekanan darah yang dibutuhkan oleh penderita hipertensi.

Jantung sehat 
Sayuran hijau yang kaya antioksidan, terdiri atas dua jenis: flavanoid dan phenolic. Kedua senyawa tersebut efektif menangkal radikal bebas yang menumpuk di dalam tubuh, termaasuk aliran darah. Salah satu manfaat asparagus untuk kesehatan jantung adalah cegah penumpukan kolesterol, melindungi jantung dan dinding arteri dari kerusakan.

Cegah kanker
Asparagus termasuk sayuran berdaun hijau yang kaya folate, senyawa penting yang berfungsi melindungi tubuh dari kanker. Mengonsumsi makanan yang kaya folate lebih baik daripada asam folat.

Mata sehat
Kandungan vitamin A pada sayur asparagus tak hanya baik untuk kesehatan kulit, namun mata juga. Retina bekerja lebih baik dalam menyerap cahaya dan menghentikan degenerasi makula terlalu dini.


Itulah tujuh manfaat asparagus untuk kesehatan yang sudah dibuktikan oleh para ahli. Makan dalam keadaan segar, rebus setengah matang agar kandungan nutrisinya tidak rusak ataupun berkurang.