3 Cara Mengatasi Bau Kaki Tak Sedap

Menjaga kebersihan telapak kaki bukanlah pekerjaan mudah. Selain wajib bebas dari kotoran dan penyakit kulit, telapak kaki harus beraroma wangi. Semua orang berpotensi mengalami bau kaki akibat beberapa faktor pemicu, seperti bercampurnya keringat dan bakteri. Bagaimana cara mengatasi bau kaki yang tak sedap?

Pemakaian sepatu
Bau kaki terjadi akibat pertumbuhan bakteri yang tak terbendung. Ketika memakai sepatu atau alas kaki dalam intesitas waktu yang cukup lama, pertukaran udara menjadi terhambat dan muncul bakteri actinomycetes. Oleh karena itu, perhatikan pula bahan pembuatan sepatu.

Hindari membeli sepatu atau alas kaki yang terbuat dari bahan sintesis atau plastik, keduanya tidak mampu menyerap keringat sehingga kaki pun lembab dan basah. Pertimbangkan sepatu yang terbuat dari kulit asli atau bahan alami sehingga kaki mudah bernapas dan bebas keringat.

Para ahli kesehatan menyarankan untuk melepas sepatu setiap beberapa jam, selalu siap membawa bedak atau spray antibau khusus kaki, kemana saja dan dimana saja. Lepas sepatu setelah lama dipakai seharian lalu semprotkan bedak atau spray, metode ini juga bisa diterapkan sebelum mengenakan alas kaki untuk pertama kali. Bila bau kaki masih sulit hilang, kenakan sepatu terbuka atau sandal untuk sementara waktu.

Bersihkan kaki
Cara mengatasi bau kaki yakni membersihkan telapak kaki secara menyeluruh. Ketika sedang mandi, luangkan waktu untuk membersihkan bagian kaki, mulai dari telapak, kuku hingga sela-sela jari. Jangan lupa rutin memotong kuku jari kaki, jangan biarkan memanjang karena disukai bakteri untuk berkembang.

Setelah selesai beraktifitas seharian memakai sepatu, rendam kaki selama dua menit dalam larutan air hangat yang dicampur garam dan korek semua kotoran yang melekat di dalam sela-sela kuku jari, terutama jempol. Keringkan telapak kaki dengan kain lap bersih lalu mengoleskan bedak atau lotion antibau khusus kaki yang tersedia di apotik.

Kaus kaki
Selain rajin memperhatikan kebersihan telapak kaki dan memilih sepatu yang tepat, perhatikan juga kaus kaki yang akan dikenakan. Disarankan tak terlalu lama mengenakan kaus kaki yang sama dalam waktu lebih dari 24 jam. Cara mengatasi bau kaki yaitu mengganti kaus kaki lama dengan yang baru bila telapak terasa lembab dan basah. Perhatikan bahan sebelum membeli, pilih yang mampu menyerap keringat dengan baik seperti wol atau katun.


Itulah tiga cara mengatasi bau kaki yang tidak begitu sulit untuk diterapkan, hal utama yang dibutuhkan adalah kedisiplinan. Perhatikan bahan sepatu dan kaus kaki, jangan lupa menjaga kebersihan telapak kaki, mulai dari memotong kuku hingga membersihkan sela-sela jari.