4 Cara Mengatasi Polip Hidung

4 Cara Mengatasi Polip HidungPenyakit polip hidung mungkin jarang dikenal masyarakat Indonesia tetapi wajib diwaspadai karena mempengaruhi kesehatan. Awalnya ditandai dengan kemunculan segumpal daging lunak atau sejenis tumor jinak di dalam rongga hidung yang kemudian membesar. Tak hanya mengganggu saluran pernapasan, penyakit ini mengancam organ tubuh lainnya, terutama mata dan otak. Bagaimana cara mengatasi polip hidung?


Nasal Kortikosteroid
Solusi awal yang ditawarkan oleh dokter adalah resep nasal kortikosteroid berupa semprotan untuk mengurangi peradangan di dalam rongga hidung. Tipe pengobatan ini ampuh mengurangi polip atau bahkan dihilangkan secara keseluruhan. Nasal kortikosteroid terdiri dari beberapa jenis seperti ciclesonide, beclomethasone, triamcinolone, mometasone, flunisolide, budesonide dan fluticasone. Dokter akan memberi resep tergantung situasi dan kondisi yang dihadapi penderita.

Kortikosteroid oral & suntik
Dokter akan meresepkan kortikosteroid oral seperti prednisone bila semprotan nasal kortikosteroid tak cukup efektif. Obat oral bisa diminum tanpa pendamping atau bersamaan dengan pemakaian semprotan nasal. Hanya saja dokter meresepkan obat untuk pemakaian jangka pendek karena menimbulkan efek samping berbahaya bagi kesehatan. Sementara kortikosteroid suntik sebagai salah satu cara mengatasi polip hidung hanya disarankan oleh dokter bila kondisi penyakit bertambah parah.

Obat alternatif
Bila kondisi sudah tak bersahabat dan pemakaian kortikosteroid tak kunjung memberi hasil positif, dokter akan memberi obat alternatif untuk menghentikan peradangan kronis di dalam saluran hidung atau sinus. Biasanya berupa antihistamin untuk mengatasi alergi dan antibiotik untuk menghentikan infeksi kronis.

Operasi
Sebuah cara mengatasi polip hidung terakhir yang bisa ditempuh bila obat medis tak memberi hasil menggembirakan. Operasi endoskopi tak hanya mengeluarkan polip namun memperbaiki kerusakan sinus sehingga tak kambuh dan rentan peradangan. Dokter akan memasukan sebuah tabung kecil berkamera melalui lubang hidung ketika operasi endoskopi dilakukan dan melihat langsung rongga sinus. Polip akan diangkat memakai peralatan steril berukuran kecil sehingga rongga sinus kembali longgar.

Operasi endoskopi diterapkan sebagai prosedur rawat jalan jadi tak perlu khawatir. Tindakan ini hanya bertujuan membuka rongga hidung supaya tak tersumbat. Demi menghambat pertumbuhan polip pasca operasi, biasanya dokter menyarankan pasien memakai semprotan nasal kortikosteroid atau larutan air garam yang berguna mempercepat proses penyembuhan.


Demikian empat cara mengatasi polip hidung yang mengganggu pernapasan. Coba metode pertama bila kondisi penyakit tak terlalu parah dan seterusnya bila tak ada hasil yang memuaskan. Selalu konsultasi ke dokter perihal perkembangan penyakit karena polip hidung tergolong berbahaya.