Cara Mengetahui Aplikasi Yang Menyebabkan Ponsel Android Menjadi Boros Baterai

Benarkah ponsel android sangat boros baterai? Semua itu tergantung pemakaian si pengguna. Bila memasang dan mengaktifkan terlalu banyak aplikasi di saat bersamaan, tak heran daya baterai lebih cepat terkuras habis. Solusi terbaik yang bisa ditempuh adalah menghentikan aplikasi tak penting yang menguras baterai. 


Tapi bagaimana cara mengetahui aplikasi yang menyebabkan ponsel android menjadi boros baterai? Mengecek secara manual bukan jawaban yang tepat, mungkin sedikit membingungkan bagi pemula. Oleh karena itu, memasang aplikasi pihak ketiga jadi solusi tepat sebab mengecek pemakaian baterai secara keseluruhan.

Carat
Beragam pilihan tersedia di playstore, tapi yang paling handal tentu saja Carat. Aplikasi gratisan ini tak hanya mengecek aplikasi borosbaterai, tetapi memberi saran untuk menghemat konsumsi baterai. Carat memberi nasehat yang bermanfaat supaya smartphone android lebih tahan lama dipakai seharian, bukan hanya sekedar alat yang melaporkan aplikasi pemboros baterai. Meskipun demikian, Carat tetap memberi laporan pemakaian baterai secara akurat yang tersaji rapi dalam bentuk grafik dan itu berkat sistem fitur bernama J-Score.

Setelah memasang aplikasi di smartphone, pengguna akan disajikan beberapa laporan penting. Carat segera memberi saran yang akan membuat baterai tidak boros dan tahan lama. Kekurangannya, pengguna harus menunggu beberapa hari lagi untuk memperoleh beberapa laporan mengenai kondisi smartphone.

Battery doctor
Tak hanya menampilkan persentase sisa kapasitas baterai, namun membantu hemat daya. Alat ini akan memperlihatkan laporan mengenai aplikasi yang paling banyak menguras baterai dan memungkinkan pengguna mematikan aplikasi yang berjalan di balik layar. Battery doctor akan mendeteksi semua aplikasi yang terpasang di ponsel dan memberi tahu pengguna soal potensi boros baterai.

Laporan yang disaji sangat akurat. Cukup menekan satu tombol, smartphone akan di-scanning dan data pun tersaji. Beri centang aplikasi mana saja yang harus dimatikan, nantinya ada kalkulasi hitungan daya baterai yang berhasil dihemat berdasarkan menit. Battery doctor sangat membantu dalam mengurangi beban kerja prosesor dan memori ram yang menjadi faktor utama masalah boros baterai.


Itulah dua cara mengetahui aplikasi yang menyebabkan ponsel android menjadi boros baterai, yakni memakai aplikasi pihak ketiga seperti Carat dan Battery Doctor. Dua-duanya bisa diunduh gratis tanpa tambahan biaya apapun. Masih ada aplikasi lainnya yang layak dicoba, namun mereka tergolong kategori terbaik.