6 Ragam Pijat Dan Manfaatnya

Pijatan merupakan salah satu metode pengobatan alternatif yang melancarkan peredaran darah dan menghilangkan pegal-pegal. Usut punya usut, memijat punya banyak jenis dan khasiat yang belum diketahui masyarakat. Urut atau pijat tradisional mungkin lebih banyak dikenal, tetapi ragam pijat dan manfaatnya punya sesuatu yang lebih hebat. Mari kita bahas!


Pijat aromaterapi
Gerakan memijat dengan minyak esensial yang mengeluarkan aroma wangi tertentu. Manfaatnya yaitu menenangkan, memberi energi, melawan stres dan menyeimbangkan mood. Salah satu minyak esensial yang sering digunakan terbuat dari lavender. Jenis pijatan cocok untuk mengatasi permasalahan yang berkaitan dengan emosional atau tekanan batin.

Pijat batu
Metode memijat yang memakai batu sebagai perantara. Batu halus dipanaskan terlebih dahulu lalu ditaruh pada beberapa titik pada tubuh untuk meregangkan otot dan menyeimbangkan energi di dalam tubuh. Batu akan ditekan secara perlahan hingga panas menyerap sempurna. Pilihan tepat bagi mereka yang mencari pijatan lembut untuk meredakan ketegangan otot.

Shiatsu
Salah satu ragam pijat dan manfaatnya untuk meningkatkan aliran energi dan menjaga keseimbangan tubuh. Ini berasal dari jepang dan memakai tekanan jari secara berirama pada garis bujur titik akupuntur. Banyak orang yang terkejut saat mencobanya pertama kali. Memang menenangkan, tapi tekanan sangat kuat dan tak ada rasa sakit pun setelahnya.

Pijat thai
Metode pijatan yang berasal dari Thailand, sedikit mirip shiatsu yakni menekan lembut pada titik spesifik, namun sudah termasuk kompresi dan peregangan. Gerakan sesuai irama bentuk tubuh, seperti yoga tanpa harus banyak gerak. Manfaatnya yaitu mengurangi stres, meningkatkan fleksibilitas dan pergerakan.

Reflexology
Salah satu ragam pijat dan manfaatnya luar biasa! Nama lainnya adalah pijatan kaki, tapi mengusung konsep lebih sederhana. Ada beberapa titik di kaki yang direspon langsung oleh sistem dan organ-organ di dalam tubuh. Pijatan yang sangat menenangkan, cocok bagi mereka yang terus berdiri seharian.

Pijat sport
Metode pijatan yang dirancang khusus bagi pecinta olahraga. Tak perlu menjadi atlit profesional untuk mencoba pijatan ini karena bisa untuk mereka yang aktif dan banyak bekerja. Tujuannya tak sekedar relaksasi, tapi mencegah dan merawat cedera serta meningkatkan performa.


Demikian enam ragam pijat dan manfaatnya bagi tubuh. Setiap metode diatas punya keunikan tersendiri, termasuk gerakan yang dilakukan tentu berbeda dari pijatan tradisional ala Indonesia. Pilih salah satu sesuai dengan permasalahan yang dihadapi.