Desain Rumah Minimalis Terbaru

Desain rumah minimalis terbaru belakangan begitu diminati. Baik perumahan maupun bukan lebih suka menggunakan desain ini ketimbang desain modern, klasik atau tradisional. Pengusaha properti dan arsitekpun mulai mengembangkan desain ini agar tetap minimalis tapi unik. Tujuannya agar tidak monoton pada satu gambar saja.

Berbeda dengan desain modern yang kebanyakan hanya dapat digunakan untuk rumah mewah yang luas, desain minimalis bisa diterapkan pada lahan yang luas maupun sempit. Selain itu, bentuknya yang sederhana tanpa hiasan apapun dapat menghemat biaya bangunan. Dengan biaya ringan bisa mendapatkan rumah cantik dan berkelas. Inilah alasan mengapa masyarakat dewasa ini cenderung memilih desain rumah minimalis.


Rumah minimalis biasanya tidak memiliki halaman yang luas, hanya dapat ditanami sedikit tumbuhan dan jalan mobil saja. Dari sini dapat kita lihat bahwa desain rumah minimalis ini sangat cocok diterapkan di perkotaan dimana jumlah lahan semakin sempit. Untuk rumah di daerah pedesaan biasanya masih mempertahankan model halaman luas untuk mengeringkan hasil panen.

Selain halaman, terasnyapun juga sempit. Teras ini tidak dapat diberi kursi dan meja untuk mengobrol seperti desain rumah lama. Kekurangannya bila terjadi hujan angin kotoran mudah masuk. saat musim panaspun rumah jadi ikut terimbas panas. Berbeda bila teras rumah dibuat agak luas maka rumah aman dari serangan panas dan hujan. Untuk menghemat tempat, desain bagian dalam rumah kebanyakan berbentuk persegi saja.


Bila dibuat bentuk lain, misalnya setengah lingkaran, akan menghabiskan tempat dan kurang efisien. Interior tidak penting seperti ini tidak termasuk dalam desain rumah minimalis. Dalam rumah juga tidak perlu diberikan banyak barang-barang kurang penting misalnya patung kayu, pintu ukiran, jendela ukir-ukiran, guci, vas bunga besar, meja besar, taman dalam, dan sebagainya. barang-barang hiasan seperti ini akan mempersempit rumah Anda.

Bila Anda menyukai barang-barang antic, maka pilihannya adalah rumah tradisional dengan lahan yang lebih luas sehingga penataan barang klasik bisa diatur sedemikian rupa. Karena rumah minimalis tidak dapat dihiasi dengan berbagai barang, agar rumah ANda tetap cantik maka pengaturan warna cat perlu diperhatikan. Perancang desain rumah minimalis harus jeli memilih warna agar tidak terlihat monoton dan ala kadarnya. Permainan cat juga dapat mempengaruhi suasana rumah. Misalnya saja warna terang akan membaut rumah lebih terang tanpa banyak pencahayaan atau warna gelap membuat rumah redup sehingga tidak sakit di mata. Rumah minimalis dapat diberi berbagai macam warna cat asal serasi membentuk satu keindahan. Bisa juga dipadukan dengan hiasan dinding seperti keramik.

Itulah sekilas tentang desain rumah minimalis yang tentunya banyak berbeda dengan rumah klasik dan mewah. Desain ini memang sengaja diciptakan untuk rumah modern yang kebanyakan dibangun di lahan sempit. Bagaimana desain rumah Anda? Semua tergantung pilihan.