5 Manfaat Kentang Untuk Kesehatan Tubuh

5 Manfaat Kentang Untuk Kesehatan TubuhKentang merupakan salah satu jenis sayuran favorit yang disukai oleh semua orang, terutama bila digoreng berupa french fries. Kaya akan kandungan karbohidrat yang dibutuhkan oleh tubuh sebagai sumber energi untuk melakukan aktifitas sehari-hari. Selain lezat di lidah, sebenarnya ada beragam manfaat kentang untuk kesehatan yang mungkin masih jarang diketahui oleh masyarakat awam.


Mengatasi peradangan
Kentang mengurangi peradangan, bagaimana bisa? Ini termasuk sayuran sehat (tergantung cara penyajian) karena mengandung nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh seperti vitamin C, niacin, kalsium, protein dan karbohidrat. Kentang mengandung serat lembut yang mudah dicerna. Vitamin C merupakan antioksidan hebat yang memperbaiki sel-sel rusak. Mengonsumsi kentang mengatasi peradangan di saluran pencernaan dan usus bagian dalam. Kentang mentah sering ditumbuk untuk mengatasi luka luar akibat peradangan.

Peningkat fungsi otak
Mengonsumsi kentang setiap hari akan meningkatkan fungsi otak. Sayur kaya karbohidrat ini mengandung nutrisi penting yang dibutuhkan sistem saraf pusat dan otak seperti asam lemak, omega 3, asam amino, vitamin B kompleks, oksigen dan kadar glukosa seimbang. Semua nutrisi tersebut bantu menjaga kinerja dan fungsi otak agar bekerja sebagaimana mestinya. Inilah manfaat kentang untuk kesehatan otak dan saraf.

Mencegah penyakit jantung
Mengonsumsi kentang setiap hari mencegah potensi penyakit jantung atau kardiovaskular di masa depan. Kaya kandungan nutrisi yang dibutuhkan jantung seperti vitamin B kompleks, vitamin C, niacin, kalsium, protein dan karbohidrat. Semuanya bantu melawan penyakit jantung dan menjaga tekanan darah tetap pada level normal. Kentang mengandung carotenoid, senyawa penting untuk jantung sehat secara menyeluruh.

Ginjal sehat
Cara termudah menyehatkan ginjal adalah mengonsumsi kentang rebus setiap hari. Berdasarkan serangkaian penelitian, kentang bantu atasi penumpukan kalsium di dalam ginjal, semua itu berkat kandungan magnesium. Inilah manfaat kentang untuk kesehatan batu ginjal, makan kentang rebus/kukus lebih baik daripada kentang goreng.

Penyehat kulit
Kentang kaya kandungan nutrisi yang dibutuhkan tubuh, termasuk kulit. Kandungan phosphorus, zinc, magnesium, potassium, vitamin B kompleks dan C merupakan semua vitamin dan mineral yang menyehatkan kulit, baik dalam maupun luar. Siapkan kentang mentah lalu tumbuk halus dan campurkan satu sendok makan madu asli, oleskan ke kulit wajah.


Sementara ini baru ada lima manfaat kentang untuk kesehatan tubuh. Meskipun demikian, cara penyajian kentang harus tepat agar tak merusak kandungan nutrisi. Hindari digoreng karena membuat kentang menjadi makanan berbahaya yang memicu kegemukan. Makan dalam keadaan rebus/kukus untuk merasakan manfaatnya secara langsung.