Kumpulan Kata-kata Mutiara Terbaru Dan Terlengkap

Kita sudah sering mendengar mengenai kata-kata mutiara dan manfaatnya. Kata-kata tersebut memang merupakan salah satu seni berbahasa yang mengajak pada kebaikan. kata mutiara banyak digunakna di berbagai media dan selalu indah untuk dinikmati.

Berbeda dengan kata motivasi yang tujuannya lebih sempit, kata mutiara memiliki jangkauan yang sangat luas. Kata-kata mutiara bertujuan mengingatkan seseorang pada kebaikan, mencegah dari hal-hal batil, memberi semangat. Sumber kata-kata mutiara bisa dari perorangan, hadist, kitab suci, para ulama, orang alim, guru, dan sebagainya. orang dapat bebas menciptakan kata mutiara yang indah dari bahasa maupun maknanya.

Anda memerlukan contoh kata-kata mutiara? Berikut ini kami beri beberapa contoh kata mutiara yang diambil dari berbagai sumber. Silahkan untuk dijadikan pengingat atau dikirim ke saudara, teman, kerabat.

“Lidah tak bertulang lebih dahsyat dari sebilah pedang”

“Menebar salam adalah hal ringan yang bernilai berat”

“Kelembutan akan terasa begitu indah dalam pergaulan” 

“Umur panjang tak berarti tanpa amal kebajikan”

“Cinta yang dipupuk akan tumbuh subur seperti bunga yang tiap hari disiram”

“dekat terlihat buruknya jauh terlihat indahnya”

“Jika kamu yakin akan kualitas diri dia yang rugi karena telah meninggalkanmu”

“waktu lebih tajam dari pedang, akan memangkasmu bila tak lihai menggunakannya”

“Berpikir sebelum berbuat karena apa yang telah terucap tak dapat ditarik kembali”

“Jangan benci masalah karena Tuhan mengajari kita cara hidup lebih baik dari masalah kita”

“Menanam kebaikan akan memetiknya, menanam keburukan hanya menjerumuskan diri”

“Berlomba-lomba dalam kebaikan akan mengisi waktumu dengan tepat”

“Tangisi apa yang perlu kamu tangisi, jangan tangisi cinta yang tak mendarat di pulaumu”

Bentuk kata-kata mutiara ini bisa dibilang sangat simple untuk mengajak seseorang pada kebajikan. Berbeda dengan ceramah ustad yang bisa berjam-jam lamanya. Kata tersebut mungkin hanya satu kalimat saja namun bisa menggores hati. Terkadang bahkan mengalahkan nasehat panjang lebar dari guru, orangtua, maupun ustad. Meskipun sederhana, namun pemaknaan kata tidak bisa direndahkan. Kata mutiara bisa jadi menyimpan makna yang begitu dalam. Oleh karena itu, jangan tergesa memaknainya dengan pikiran picis.

Kesederhanaan yang diusung kata mutiara membuat orang mudah mengingatnya sehingga bisa menjadi pedoman sepanjang hayat. Selain sederhana, kalimatnya pendek, juga bahasanya indah sehingga sangat mungkin untuk dihafal. Bahkan banyak orang hafal kata-kata mutiara tanpa harus sungguh-sungguh menghafalnya. Mungkin lebih mudah menghafal kata mutiara daripada isi undang-undang.

Sebaiknya kata mutiara yang indah yang sarat akan pesan kebaikan tidak hanya dijadikan sebagai buah bibir atau goresan tangan saja. Seseorang seharusnya berusaha menerapkan kata-kata tersebut sehingga kata mutiara terlahir juga dalam perbuatan. Dengan demikian kata mutiara akan jauh lebih bermakna.