3 Cara Membuat Rambut Menjadi Tebal Dan Sehat

Cara Membuat Rambut Menjadi Tebal Dan SehatRambut tebal dan sehat merupakan dambaan semua orang, terutama para wanita. Beragam cara membuat rambut menjadi tebal dan sehat, entah menjalani metode alami atau perawatan khusus dari produk rambut tertentu. Berikut beberapa langkah mudah yang bisa dilakukan demi memperoleh rambut tebal, sehat dan indah. 


Merawat rambut

Hindari pemakaian produk perawatan rambut yang mengandung bahan kimia. Memang, kebanyakan produk berbahan kimia efektif membersihkan rambut, tapi efek sampingnya merusak. Bahan kimia yang berbahaya bagi rambut seperti laureth sulfate dan sodium laurel. Sebagai alternatif, pilih produk perawatan rambut organik.

Mencuci rambut setiap hari? Bukan ide bagus. Kulit kepala secara alami memproduksi minyak pelindung rambut dari kerusakan, mencuci kepala dengan shampo akan menghilangkan minyak sehingga rambut jadi lebih lemah. Cuci rambut dua atau tiga kali seminggu lebih disarankan.

Salah satu cara membuat rambut menjadi tebal dan sehat yaitu memakai minyak esensial seperti minyak kayu cedar, lavender, thyme dan chamomile. Tuangkan 10 hingga 20 tetes minyak esensial ke kulit kepala, pijat secara merata memakai jari-jari tangan. Coba campurkan 3 hingga 5 tetes minyak esensial ke shampo dan kondisioner ketika akan mencuci rambut.

Atasi masalah kerontokan dengan merawat rambut secara lembut. Gunakan sisir bergigi lebar, menyisir secara perlahan. Keringan rambut basah dengan handuk bersih, lakukan secara perlahan. Berhati-hati mencoba gaya rambut tertentu, hindari gaya yang menarik helai rambut seperti kepang.

Jangan terlalu sering memakai alat-alat rambut seperti pengeriting, pengering dan pelurus (catut). Hawa panas yang dihasilkan membuat rambut jadi kering dan rapuh, lebih mudah rontok. Biarkan rambut tumbuh secara alami, hindari pewarna dan pencerah rambut yang berbahan kimia.

Pola makan

Salah satu cara membuat rambut menjadi tebal dan sehat yaitu menerapkan pola makan seimbang dan sehat, terutama makanan yang mengandung zat besi dan vitamin B. Rambut tipis diakibatkan kekurangan gizi. Konsumsi makanan kaya vitamin B seperti kacang-kacangan, beras merah, sayuran dan buah-buahan. Konsumsi pula makanan kaya zat besi dari sayuran berdaun hijau, ikan, produk unggas, daging sapi dan domba.

Perlindungan rambut

Melindungi rambut dari beragam jenis polusi dan senyawa kimia, bikin rambut tumbuh tebaldan sehat. Kenakan topi atau helm ketika berkendara di jalan raya dan keluar rumah. Polusi asap kendaraan bermotor merusak kesehatan rambut. Sebisa mungkin, hindari stres berkepanjangan karena menyebabkan rambut rontok.


Itulah tiga cara membuat rambut menjadi tebal dan sehat. Menerapkan pola makan sehat, merawat dan melindungi rambut memberi efek positif dengan hasil yang maksimal. Berhati-hatilah dalam memilih produk kesehatan rambut, periksa kandungan bahan yang tertera di balik kemasan.