8 Manfaat Jambu Biji Bagi Kesehatan Yang Perlu Anda Ketahui

Manfaat Jambu Biji Bagi Kesehatan Yang Perlu Anda KetahuiJambu biji merupakan salah satu jenis buah yang mudah sekali ditemukan. Meskipun bukan tergolong buah mewah, jambu biji menyimpan banyak manfaat bagi kesehatan. Benerkah? Artikel ini akan membeberkan beragam manfaat jambu biji bagi kesehatan yang perlu anda ketahui.


Memperkuat sistem kekebalan

Jambu biji kaya kandungan Vitamin C, empat kali lebih banyak dari jeruk orange. Berdasarkan hasil penelitian, Vitamin C meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menjaga tubuh tetap sehat dan bebas dari patogen penyebab infeksi penyakit. Makan satu buah jambu biji setiap hari sebagai pengganti jeruk.

Memperkecil resiko kanker

Bila ingin terhindar dari resiko penyakit kanker, konsumsi buah jambu biji. Kaya antioksidan Lycopen dan Vitamin C yang melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan, memperkecil resiko kanker. Sejak dahulu, Vitamin C memang ampuh meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melawan sel-sel kanker.

Pencegah diabetes

Jambu biji kaya serat, termasuk indeks glikemik rendah. Buah ini sangat disarankan bagi penderita diabetes atau mereka yang ingin terhindar dari penyakit diabetes. Bila seseorang terkena diabetes, tubuhnya akan berhenti memproduksi insulin yang bertugas menyerap glukosa. Inilah salah satu manfaat jambu biji bagi kesehatan yang perlu anda ketahui.

Pencegah proses penuaan

Jambu biji kaya antioxidant seperti Lycopen and Karoten, plus Vitamin A dan C. Kandungan yang sangat dibutuhkan oleh kulit agar terbebas dari kerutan dan penuaan dini. Makanlah jambu biji setiap hari.

Mengatasi sembelit

Sembelit terjadi akibat makanan tersumbat di dalam usus. Jambu biji kaya akan serat yang membantu membersihkan saluran usus yang tersumbat akibat makanan. Jadi, makanlah buah jambu biji setelah sarapan, makan siang atau makan malam.

Meningkatkan kemampuan penglihatan

Meskipun tidak mengandung banyak Vitamin A, jambu biji merupakan sumber gizi yang baik untuk kemampuan penglihatan. Menurut para ahli, Vitamin A memang bermanfaat dalam menjaga kesehatan mata. Kebutaan di malam hari merupakan pertanda kekurangan Vitamin A.

Menyehatkan otak

Jambu biji mengandung Magnesium, Vitamin B3 dan B6 yang bantu memperlancar sirkulasi darah ke otak dan sistem saraf, ciptakan perasaan santai. Magnesium bantu menenangkan otot-otot, tubuh terasa lebih rileks dan terhindar dari stres.

Meningkatkan fungsi hormon

Jambubiji mengandung zat tembaga yang membantu penyerapan dan produksi hormon. Senyawa itu meningkatkan fungsi sistem endokrin, terutama kelenjar tiroid yang bertanggung jawab memetabolisme makanan, penggunaan energi dan sebagainya.


Itulah delapan manfaat jambu biji bagi kesehatan yang perlu anda ketahui. Buah ini memang mudah ditemui dan mengandung manfaat luar biasa bagi kesehatan tubuh. Sajikan dalam bentuk smoothie, jus atau makan langsung.