6 Cara Menghilangkan Alergi Terhadap Kucing Secara Mudah

Cara Menghilangkan Alergi Terhadap Kucing Secara Mudah - Kucing tak hanya lucu sebagai hewan peliharaan rumah, tetapi predator penangkap tikus nan ulung. Meskipun demikian, beberapa orang tak sanggup memelihara kucing di rumah karena alasan tertentu, salah satunya adalah faktor kesehatan. Beberapa orang mengaku alergi terhadap kucing, sebuah fakta kesehatan yang nyata terjadi. Lalu, bagaimana cara menghilangkan alergi terhadap kucing secara mudah?


Imunisasi

Alergi kucing bisa diatasi dengan imunisasi. Konsultasi ke dokter mengenai kemungkinan menjalani imunoterapi sublingual. Terapi perawatan sudah terbukti ampuh mengatasi reaksi alergi terhadap beberapa hal, termasuk kucing. Dokter akan mempertimbangkan terapi ini bila benar-benar memberi manfaat positif. Pemberian imunoterapi sublingual dilakukan setiap hari lewat mulut, tanpa perlu menyuntik ke bagian tubuh.

Suplemen anti alergi

Alergi kucing bisa diatasi dengan mengonsumsi suplemen anti alergi setiap hari. Produk ini tersedia bebas di toko apotik terdekat dan sudah terbukti ampuh menurunkan sensitivitas terhadap alergi. Berhati-hatilah memilih dan mengonsumsi suplemen, konsultasi ke dokter terlebih dahulu guna mengetahui efek samping, dosis dan durasi pemakaian obat.

Mandikan kucing

Memandikan hewan peliharaan termasuk cara menghilangkan alergi terhadap kucing secara mudah. Mandikan secara rutin memakai shampo khusus bulu kucing. Mencuci bulu si manis akan mengurangi jumlah bulu mati yang masih menempel di badan, sekaligus mengurangi potensi serangan alergi bulu melalui udara.

Menyisir bulu

Luangkan waktu untuk menyisir bulu kucing setiap hari. Ini akan menyingkirkan bulu-bulu yang sudah mati dan masih menempel di badan. Menyisir akan mengurangi jumlah bulu yang terbang di udara dan menempel di beberapa area rumah, cara tepat mengurangi potensi serangan alergi.

Udara segar

Pastikan kondisi ruangan di rumah tidak pengap. Buka jendela dan pintu, biarkan udara segar masuk ke dalam. Bila di rumah memasang AC, nyalakan saja. Ruangan yang bersih dan udara segar akan mengurangi potensi serangan alergi kucing. Oleh karena, buka jendela dari pagi hingga sore hari atau pastikan AC tetap menyala.

Selalu cuci tangan

Menjagakebersihan tangan merupakan cara menghilangkan alergi terhadap kucing secara mudah. Setiap kali akan memegang area wajah, piring atau gelas, pastikan tangan dalam keadaan bersih. Mencuci tangan akan menyingkirkan bulu yang menempel di telapak tangan sekaligus mengurangi potensi alergi secara tiba-tiba.


Itulah beragam cara menghilangkan alergi terhadap kucing secara mudah. Menjaga kesehatan tubuh, kebersihan ruangan dan hewan peliharaan merupakan cara ampuh menekan potensi terjadinya alergi. Bila semua langkah-langkah diatas tak cukup membantu, konsultasikan ke dokter.