4 Cara Ampuh Mengusir Nyamuk

Cara Ampuh Mengusir NyamukNyamuk merupakan salah satu jenis hama pengganggu yang bisa sangat berbahaya bila dibiarkan begitu saja. Potensi luar biasa yang mengancam nyawa yaitu malaria dan demam berdarah. Bagaimana cara ampuh mengusir nyamuk? Ada beragam cara yang bisa ditempuh, artikel ini membahas beberapa langkah yang sudah terbukti efektif dan aman bagi kesehatan.


Tanaman pengusir nyamuk

Beberapa jenis tanaman tidak disukai nyamuk karena mengeluarkan aroma khusus seperti Marigold, Agastache Cana, Ageratum, Horsemint, Catnip dan Rosemary. Tanamlah beberapa jenis di sekitar pekarangan rumah atau letakkan di dalam rumah seperti ruang tamu. Tanaman diatas bisa digunakan sebagai bahan lotion pengusir nyamuk alami yang aman bagi kulit. Cukup tumbuk beberapa daun lalu gosokkan ke beberapa area permukaan kulit.

Bila beberapa jenis tanaman diatas sulit diperoleh, tanam saja Peterseli (Petroselinum crispum). Peterseli seringkali digunakan sebagai bahan lotion pengusir nyamuk alami. Cukup menumbuk beberapa daun hingga hancur, lalu digosokkan ke area tubuh yang sering digigit nyamuk.

Menyingkirkan genangan air

Genangan air merupakan tempat sempurna bagi pertumbuhan jentik-jentik nyamuk. Dimana ada genangan air, disanalah nyamuk bersarang. Mengeringkan genangan air yang ada di sekitar lingkungan rumah, menguras bak kamar mandi seminggu dua kali dan membersihkan saluran drainase depan rumah agar air berjalan lancar merupakan cara ampuh mengusir nyamuk.

Bawang putih

Mengonsumsi banyak bawang putih akan membuat nyamuk tak berani mendekat. Bila dikonsumsi dalam jumlah banyak, bawang putih menghasilkan aroma tertentu yang keluar melalui pori-pori kulit dan tak disukai nyamuk. Beberapa pemilik rumah rela menanam bawang putih di dalam rumah karena menimbulkan efek yang sama, dimana nyamuk tak betah berlama-lama di dalam ruangan.

Caraampuh mengusir nyamuk yang patut dicoba yaitu membuat lotion bawang putih. Siapkan satu siung bawang putih, masukkan ke dalam mesin blender yang dicampur air matang, nyalakan. Bila sudah tercampur rata, saring, ambil air perasan saja dan masukkan ke dalam botol spray kecil. Gampang, kan?

Mengganti lampu

Beberapa jenis lampu disukai oleh nyamuk, tak heran bila malam hari tiba, nyamuk begitu merajalela. Namun, ada beberapa jenis lampu yang tak disukai oleh nyamuk seperti lampu LED dan lampu Sodium. Jadi, tak ada salahnya mengganti lampu penerangan di dalam rumah agar nyamuk tak terus mengganggu di malam hari.


Itulah beberapa cara ampuh mengusir nyamuk yang layak dicoba, bebas campuran bahan kimia berbahaya. Memang, ada banyak produk semprot anti-nyamuk berbahan kimia yang terbukti efektif, tapi bila digunakan terus-menerus dalam jangka waktu lama justru bisa menjadi bumerang bagi kesehatan.