6 Manfaat Minum Air Lemon Di Pagi Hari

Manfaat Minum Air Lemon Di Pagi Hari Lemon merupakan salah satu jenis buah yang kaya akan manfaat. Banyak cara penyajian lemon, namun yang paling popular adalah jus atau perasan air sari buah. Usut punya usut, air lemon berkhasiat luar biasa bila diminum pada pagi hari. Mengapa? Berikut delapan manfaat minum air lemon di pagi hari yang berdampak hebat bagi kesehatan.


Melancarkan pencernaan

Air lemon bantu mengeluarkan racun dan material tak penting lainnya dari dalam tubuh. Lemon kaya akan senyawa yang bantu melonggarkan saluran pencernaan sehingga mengurangi timbulnya penyakit kembung, bersendawa dan mulas (sakit perut). Sajikan air lemon hangat di pagi hari demi manfaat luar biasa bagi saluran pencernaan.

Meningkatkan sistem imun

Lemon mampu meningkatkan sistem imun terhadap penyakit. Senyawa yang terkandung berupa zat besi, potassium, saponin dan ascorbic acid (vitamin C). Selain memperkuat kekebalan tubuh, lemon mampu mengurangi peradangan dan penyakit pernafasan. Penderita flu dan demam disarankan mengonsumsi segelas air lemon hangat di pagi hari.

Menyehatkan kulit

Salah satu manfaat minum air lemon di pagi hari yaitu mencerahkan kulit. Senyawa vitamin C bantu mengurangi noda dan keriput di permukaan kulit. Berdasarkan penelitian para ahli, vitamin C memang dibutuhkan untuk melawan radikal bebas dan hasilkan kulit sehat. Jadi, air lemon berkhasiat untuk pengobatan kulit dari luar dan dalam.

Bantu proses penyembuhan

Perasan air lemon mengandung vitamin C yang bantu mempercepat proses penyembuhan, entah luka, penyakit flu, demam ataupun stres. Menurut para peneliti, vitamin C atau ascorbic acid memang mengandung senyawa anti peradangan yang baik bagi kesehatan.

Meningkatkan mood

Ini dia salah satu manfaat minum air lemon di pagi hari yang jarang diketahui masyarakat luas. Bila ingin mengawali hari dengan semangat, seduh air lemon hangat di pagi hari setelah bangun tidur. Lemon merupakan salah satu jenis makanan yang mengandung ion bermuatan negatif, pemberi energi bagi tubuh ketika masuk ke dalam saluran pencernaan. Aroma air lemon hangat akan meningkatkan suasana hati dan menyingkirkan stres.

Bantu turunkan berat badan

Ingin menurunkan berat badan? Tak ada salahnya meminum air lemon di pagi hari. Buah lemon kaya akan serat pektin (pectin fiber), suatu senyawa yang bantu mengurangi rasa lapar. Berdasarkan penelitian, seseorang yang menjalani metode ‘alkaline diet’ akan mengalami penurunan berat badan lebih cepat bila mengonsumsi air lemon hangat saat sarapan.


Manfaat minum air lemon di pagi hari berdampak positif bagi kesehatan tubuh. Meskipun demikian, lebih baik disajikan dalam keadaan hangat daripada memakai air es. Satu buah lemon sudah lebih dari cukup untuk menyajikan satu cangkir minuman segar berkhasiat tinggi.