6 Cara Menghilangkan Karang Gigi Secara Alami

Cara Menghilangkan Karang Gigi Secara AlamiKarang gigi membuat lidah terasa tak nyaman dan mengurangi rasa percaya diri ketika sedang berbincang dengan orang lain. Permasalahan ini bisa diatasi dengan melakukan kunjungan rutin ke dokter gigi dan menjalani metode pengobatan tertentu. Meskipun demikian, ada beberapa cara menghilangkan karang gigi secara alami yang bisa dicoba sendiri di rumah.


Baking soda

Bumbu dapur ini sudah dikenal lama sebagai obat alami pengusir plak gigi. Cara memakainya cukup mudah, siapapun bisa mencobanya langsung. Ambil mangkuk ukuran sedang, tuangkan baking soda. Basahi gigi lalu letakkan serbuk baking soda ke permukaan plak memakai cutton bud (kapas pembersih telinga). Setelah itu, sikat gigi memakai odol. Mudah, kan? Biasanya, beberapa orang mencampurkan sedikit garam dan baking soda untuk hasil maksimal.

Apel dan melon

Ternyata mengonsumsi buah setelah makan sangat baik untuk mencegah penumpukan kotoran dan bakteri penyebab karang gigi. Apel dan melon sangat baik dikonsumsi langsung sebagai buah pencuci mulut, membersihkan gigi secara alami dan mencegah penumpukan plak. Pastikan selalu mengonsumsi buah pencuci mulut, entah itu apel atau melon sehabis makan agar gusi dan gigi tetap sehat.

Kulit jeruk

Salah satu cara menghilangkan karang gigi secara alami yaitu menggosokkan kulit jeruk. Kulit jeruk ternyata mengandung vitamin C yang mampu mengurangi pertumbuhan mikroorganisme di permukaan gigi. Coba gosokkan kulit/buah jeruk ke permukaan gigi di malam hari sebelum pergi tidur. Jeruk juga cocok dijadikan buah pencuci mulut sehabis makan.

Biji wijen

Ambil satu sendok makan biji wijen, lalu kunyah di dalam mulut. Jangan ditelan! Ambil sikat gigi tanpa odol, lalu gosok permukaan gigi. Biji wijen bertindak sebagai pengganti odol. Berdasarkan penelitian para ahli, menggosok gigi memakai biji wijen akan menghilangkan plak/karang yang menempel.

Tomat dan stroberi

Keduanya mengandung vitamin C, sama seperti jeruk. Potong tomat atau stroberi, gosokkan ke permukaan gigi dan biarkan selama 5 menit. Cuci mulut atau kumur-kumur memakai larutan campuran antara air dan baking soda. Cara menghilangkan karang gigi secara alami yang sudah terbukti efektif!

Odol buatan rumah

Bagaimana membuat odol gigi penghilang karang/plak? Siapkan botol selai kosong lalu campurkan 1/2 cangkir minyak kelapa, 2 atau 3 sendok baking soda, 2 paket kecil bubuk stevia dan 20 tetes minyak esensial pilihan (terserah anda), entah itu kayu manis atau peppermint.


Caramenghilangkan karang gigi secara alami sebenarnya sangat efektif bila dilakukan rutin dan berjangka panjang, hasilnya sangat memuaskan bila dibandingkan dengan metode pengobatan tertentu yang menghabiskan banyak biaya. Tentu saja, lebih sehat dan murah!