Beragam Manfaat Dan Khasiat Bawang Merah Serta Bawang Putih Untuk Kesehatan

Beragam Manfaat Dan Khasiat Bawang Merah Serta Bawang Putih Untuk KesehatanBawang merah dan bawang putih merupakan bumbu dapur yang mudah diperoleh, seringkali digunakan dalam penyajian segala macam jenis masakan. Namun, sebagian besar masyarakat masih belum mengetahui manfaat dan khasiat bawang merah serta bawang putih untuk kesehatan.


Bawang merah

Taburan potongan bawang merah di atas sajian makanan tak hanya menghadirkan kelezatan, namun manfaat luar biasa bagi kesehatan. Bawang merah mengandung senyawa yang akan meningkatkan kinerja vitamin C di dalam tubuh, sehingga meningkatkan kemampuan sistem kekebalan atau imunitas. Artinya, kesehatan lebih terjaga dan tak mudah jatuh sakit.

Selama berabad-abad, bawang merah dikenal ampuh mengurangi peradangan dan menyembuhkan infeksi. Beragam senyawa yang terkandung, salah satunya adalah kromium yang bertugas mengatur gula darah. Suka makan bawang merah mentah? Manfaatnya luar biasa karena mendorong produksi kolesterol baik (HDL) dan menjaga jantung tetap sehat.

Bawang merah mengandung vitamin A dan senyawa hebat bernama quercetin yang bertugas mencegah pertumbuhan sel-sel kanker di dalam tubuh. Bumbu dapur ini mampu mengusir radikal bebas yang mengurangi resiko terkena ulkus lambung (gastric ulcers). Manfaat lainnya? Bawang merah digunakan untuk mengurangi nyeri dan sensasi terbakar karena tersengat lebah atau hewan serangga.

Bawang putih

Sama seperti bawang merah, ada beragam manfaat kesehatan yang terkandung di dalam bawang putih. Ibu hamil disarankan mengonsumsi bawang putih karena akan meningkatkan berat badan janin selama di kandungan, ini telah dibuktikan langsung berdasarkan hasil studi para ahli.

Senyawa yang terkandung di dalam bawang putih bantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh terhadap penyakit seperti sesak nafas, batuk-batuk dan infeksi dada. Selama berabad-abad, bumbu dapur ini telah menjadi obat alternatif untuk memerangi demam dan flu.

Berdasarkan hasil studi para ahli, kandungan bawang putih mengurangi potensi serangan penyakit jantung, kolesterol jahat (LDL) dan penumpukan plak aorta yang terdapat di dinding pembuluh darah akan berkurang, jantung lebih sehat dan kuat. Bawang putih juga bantu mencegah berkembangnya beragam jenis kanker, mulai dari kanker perut, kanker usus, kanker payudara, kanker prostat dan kanker kandung kemih. Vitamin B6 yang terkandung juga ampuh meredam pertumbuhan sel-sel tumor.

Kesimpulan


Ada beragam manfaat dan khasiat bawang merah serta bawang putih untuk kesehatan. Jadi, tak ada salahnya selalu menyertakan dua bumbu dapur ini ke dalam setiap jenis sajian masakan. Selain sebagai bumbu, cobalah makan bawang dalam keadaan mentah untuk merasakan manfaatnya secara langsung.