5 Cara Mengobati Penyakit Ginjal Secara Alami Dan Aman

5 Cara Mengobati Penyakit Ginjal Secara Alami Dan AmanBeragam jenis penyakit yang ditakuti, salah satunya adalah penyakit yang mengganggu fungsi ginjal. Para penderita penyakit ginjal menjalani beragam jenis metode pengobatan, baik secara medis atau alami, pilihan terakhir dianggap sebagai alternatif terbaik. Berikut beberapa cara mengobati penyakit ginjal secara alami dan aman tanpa efek samping bagi kesehatan.


Rajin olahraga

Olahraga secara teratur bantu meningkatkan sistem pertahanan tubuh dan fungsi organ tubuh. Berdasarkan hasil studi, olahraga mengatur kadar glukosa di dalam tubuh yang bila tak dikontrol dengan benar akan berpotensi diabetes, salah satu pemicu penyakit ginjal. Aktifitas olahraga rutin menurunkan kadar tekanan darah, salah satu faktor pemicu gagal ginjal, dan membakar timbunan lemak di dalam tubuh.

Minum banyak air

Para ahli kesehatan menyarankan minum 8-12 gelas air setiap hari, mengurangi potensi terburuk penyakit ginjal. Fungsi utama ginjal adalah menyaring racun yang terkandung di darah, lalu mengeluarkannya via urin. Bila tubuh kekurangan cairan, ginjal tak berfungsi dengan benar dan fakta ini telah dibuktikan langsung lewat beberapa penelitian valid.

Minum air memang termasuk cara mengobati penyakit ginjal secara alami dan aman, namun beberapa jenis sayuran dan buah yang mengandung air boleh disertakan ke dalam diet harian seperti mentimun, semangka, tomat dan sayur zucchini. Sajikan sebagai jus atau dimakan mentah.

Hindari makanan protein tinggi

Beberapa jenis makanan wajib dihindari, terutama kandungan protein tinggi. Makanan kaya protein akan memproduksi asam urat, salah satu racun yang sulit diurai ginjal. Bila kadar protein di tubuh terlalu tinggi, ginjal akan bekerja keras mengeringkan kelebihan asam urat. Makanan kaya protein yang harus dihindari seperti jerohan, daging sapi, ayam dan daging babi. Bagaimana dengan ikan? Kandungan protein tak terlalu tinggi, namun jumlah konsumsi wajib dikurangi.

Hindari sodium dan potassium

Konsumsi potassium yang terlalu tinggi bakal merusak ginjal, meskipun demikian, makanan potassium boleh dikonsumsi dalam batas sewajarnya agar jantung dan otot tetap kuat. Makanan kaya sodium meningkatkan penumpukan cairan dan tekanan darah. Cara mengobati penyakit ginjal secara alami dan aman yakni menghindari makanan asin, olahan, kaleng dan cepat saji.

Makanan sehat

Mengonsumsi makanan sehat bagi ginjal sangat disarankan seperti kentang, labu, brokoli, kembang kol, seledri, tomat, kubis, selada, terong, paprika, bawang merah dan putih, telur, minyak zaitun, ikan, apel, rasberi, cheri, anggur merah, blueberi dan stroberi.


Cara mengobati penyakit ginjal secara alami dan aman sebenarnya lebih sederhana, cukup memperhatikan pola makan, olahraga dan minum banyak air. Meskipun demikian, padukan dengan pengobatan medis agar hasil yang dirasakan lebih optimal dan berefek positif bagi kesehatan.