5 Cara Ampuh Mengusir Rayap

5 Cara Ampuh Mengusir RayapSerangan rayap paling ditakuti bila perabotan rumah didominasi material kayu. Hama pengganggu ini merusak perabotan kayu sehingga tak layak pakai dan cacat permanen. Membunuh saja tidak cukup, rayap harus diusir agar tidak kembali. Bagaimana cara ampuh mengusir rayap?


Perangkap kardus

Ambil beberapa lembar potongan kardus, basahi dengan air dan letakkan secara bertumpuk di tempat rayap bersarang. Rayap senang mengonsumsi selulosa (cellulose) yang terkandung pada kardus. Ketika perangkap dipenuhi hewan perusak itu, segera angkat ke area aman dan bakar. Meski termasuk cara ampuh dan hemat mengusir rayap, padukan dengan metode lainnya bila jumlah rayap melebihi kapasitas.

Sinar matahari

Bila perabotan kayu dikerubungi rayap, angkat dan pindahkan ke area yang banyak sinar matahari. Rayap tak tahan paparan sinar matahari, terutama siang hari saat panas menyengat. Sekedar informasi, rayap berkembang biak dalam area gelap, oleh karena itu panas dan paparan sinar matahari merupakan senjata ampuh pembunuh rayap. Letakkan perabotan kayu di area terbuka, sebaiknya 2-3 hari.

Es batu

Selain paparan panas sinar matahari, rayap tak dapat bertahan hidup dalam kondisi lingkungan yang dingin. Salah satu cara ampuh mengusir rayap yakni menyiapkan beberapa bungkusan es batu, tempelkan di perabotan kayu yang dikerubungi rayap. Biarkan selama beberapa saat hingga es batu meleleh, rayap pun mati kedinginan.

Asam borat

Caraampuh mengusir rayap yakni memakai produk pembasmi yang mengandung asam borat. Senyawa ini akan mematikan sistem saraf rayap dan membuat mereka dehidrasi. Bagaimana cara efektif menggunakan produk itu? Siapkan potongan-potongan kardus, semprotkan dengan asam borat dan letakkan dekat markas rayap. Bila mendekat dan memakan potongan kardus, rayap pun akan mati secara perlahan.

Minyak jeruk

Cara alternatif nan ramah lingkungan yaitu memakai minyak jeruk. Persis namanya, minyak terbuat dari kulit jeruk, mampu membunuh rayap tapi tak berbahaya bagi manusia atau hewan peliharaan rumah. Tak seperti produk pembasmi rayap kimiawi, minyak jeruk bisa terurai secara hayati dan tidak mengeluarkan bau racun, jadi sangat aman digunakan.


Cara ampuh mengusir rayap yakni pencegahan dini. Sebelum membeli perabotan, perhatikan jenis kayu yang digunakan. Ada beberapa tipe yang tak digemari rayap seperti cedar merah dan walnut. Karena tergolong hewan yang berkembang biak di daerah yang sangat lembab, pastikan area sekitar rumah tidak terlalu lembab.