Cara Membedakan Madu Asli Dan Madu Palsu

Cara Membedakan Madu Asli Dan Madu PalsuMadu punya manfaat luar biasa bagi kesehatan, sering pula digunakan untuk sajian makanan dan minuman. Namun, mencari produk madu asli bukan perkara mudah karena banyak produk madu palsu yang memenuhi pasar. Agar tak salah beli dan merasa tertipu, sebaiknya mengetahui lebih lanjut tentang cara membedakan madu asli dan madu palsu. 


Sebenarnya, ada tiga jenis madu di pasaran. Madu asli terbuat langsung dari madu mentah tanpa ada bahan tambahan apapun, madu oplosan mengandung madu alami dicampur bahan-bahan lain dan madu buatan alias palsu merupakan sirup jagung yang dicampur pewarna makanan serta bahan tambahan.

Madu asli

Bila melihat dari faktor nilai, madu asli dilabeli harga mahal karena kaya mineral dan vitamin. Manfaatnya sangat baik bagi tubuh sebab berfungsi sebagai anti-jamur dan peradangan. Harga mahal tergolong hal wajar, perlu waktu yang cukup lama memanen madu. Adapun metode sederhana mengetahui keaslian madu.

Cara membedakan madu asli dan madu palsu, yakni meneteskan madu ke kulit. Bila terserap dan tidak lengket, bisa dipastikan itu asli atau alami, tanpa campuran bahan apapun. Metode lain untuk menguji keaslian adalah meneteskan madu ke kertas tisu, bila terserap dan tak robek dalam jangka waktu lama, maka tak perlu diragukan lagi tingkat keaslian. Madu asli tak mengandung air layaknya madu palsu.

Cara membedakan madu asli dan madu palsu yang sangat sederhana, yakni memakai kuning telur dan segelas air. Tuangkan satu sendok makan madu ke kuning telur, kocok pakai garpu. Bila kuning telur tampak seperti dimasak atau matang, itulah pertanda keaslian. Tuangkan satu sendok makan madu ke dalam segelas air, madu asli tak akan larut tapi menggumpal dan turun ke dasar gelas.

Madu palsu

Bila melihat dari segi nilai, madu palsu dijual dengan harga yang relatif murah. Coba oleskan madu palsu ke selembar roti tawar, maka roti akan basah karena kandungan air. Madu palsu mengandung air, tak seperti madu asli. Kertas tisu akan robek jika ditetesi madu palsu karena kandungan air di dalamnya.

Madu palsu atau oplosan akan cepat larut di air, berbeda dengan madu asli yang akan menggumpal dan jatuh ke dasar. Semut merupakan hewan yang bisa membedakan madu asli dan palsu. Semut tak menyukai madu asli karena zat adiktif yang dihasilkan oleh lebah, sementara itu madu palsu sering dikerubungi semut.

Kesimpulan


Ternyata cara membedakan madu asli dan madu palsu sangat mudah. Hal tergampang yang bisa dilakukan adalah meneteskan madu ke kertas tisu, dituangkan ke dalam segelas air dan diteteskan ke kulit, dimana madu asli tak lengket seperti madu palsu.