5 Manfaat Buah Naga Bagi Kesehatan

5 Manfaat Buah Naga Bagi Kesehatan - Popularitas buah naga terus meningkat dan semakin mudah ditemukan. Tak hanya menawarkan rasa lezat dan segar di lidah, beragam manfaat terkandung di dalamnya yang baik untuk kesehatan. Ada beragam manfaat buah naga bagi kesehatan yang mungkin belum diketahui oleh masyarakat Indonesia.


Turunkan kolesterol

Kolesterol anda bermasalah? Makan saja buah naga! Menurut penelitian para ahli kesehatan, kadar kolesterol buah naga tergolong rendah dan tidak memproduksi lemak jahat. Peran lemak jahat berpengaruh terhadap peningkatan kadar kolesterol jahat, bahkan lebih tinggi daripada makanan yang mengandung kolesterol tinggi. Jadi, makan buah naga setiap hari agar kadar kolesterol jahat terus menurun.

Vitamin C

Sumber vitamin C yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Buah naga merupakan buah alami yang memberi banyak nutrisi seimbang termasuk vitamin C. Bila rajin mengonsumsi buah ini setiap hari, tubuh lebih mudah menyerap vitamin C dan efeknya sangat bagus bagi kesehatan.

Antioksidan

Kaya antioksidan merupakan salah satu manfaat buah naga bagi kesehatan yang bantu mencegah penumpukan radikal bebas di dalam tubuh yang memicu kanker dan jenis penyakit tertentu. Dibandingkan suplemen makanan dan pil, kadar antioksidan yang dimiliki buah naga tergolong tinggi.

Sertakan buah ini ke menu makan harian sehingga tak perlu lagi membeli suplemen makanan dan pil yang menawarkan senyawa antioksidan karena jumlah kadar yang dimiliki buah naga jauh lebih tinggi. Apalagi suplemen dan pil memiliki efek samping tertentu bagi kesehatan, mengonsumsi yang alami lebih aman.

Rendah lemak

Para penggiat diet menerapkan pola makan sehat yang rendah lemak, buah naga jadi pilihan menarik. Coba tengok daging buah naga, ada banyak biji di dalamnya. Usut punya usut, itulah salah satu faktor yang membuatnya rendah lemak dan kaya protein. Biji buah naga termasuk lemak tak jenuh tunggal yang terbentuk secara alami, bukan olahan seperti yang terdapat pada junk food atau makanan cepat saji.

Sumber serat

Mengonsumsi buah naga akan memenuhi kebutuhan serat harian. Setiap 100 gram buah naga terdapat 1 gram serat. Bahkan buah naga kering mengandung jumlah serat yang lebih tinggi, setiap 100 gram terdapat 10 gram serat. Inilah manfaat buah naga bagi kesehatan yang berpengaruh langsung terhadap saluran pencernaan. Tak hanya dagingnya saja, kulit buah naga mengandung banyak serat dan bisa dikonsumsi bila kondisinya baik.


Secara garis besar, manfaat buah naga bagi kesehatan seperti rendah kolesterol, kaya vitamin C, rendah lemak, sumber antioksidan dan serat yang berefek positif bagi tubuh. Jangan lupa menyertakan buah naga ke daftar menu harian dan rasakan manfaatnya langsung!