Atasi Bahaya Bayi Lahir Sungsang Dengan 5 Cara Ini!

Atasi Bahaya Bayi Lahir Sungsang Dengan 5 Cara Ini! Bayi lahir sungsang sangat dikhawatirkan oleh para ibu hamil dan tak ingin mengalaminya suatu saat nanti jelang proses persalinan. Ada beberapa penyebab mengapa hal itu bisa terjadi. Bayi dikatakan lahir sungsang bila posisi kepala janin tak berada pada jalan lahir yang seharusnya, terutama ketika memasuki usia kehamilan minggu ke-37.


Sang janin bergerak memutar di dalam rahim ketika usia kehamilan antara minggu ke-35 atau 36. Dalam kondisi ini, proses persalinan sangat berbahaya dan operasi bedah caesar adalah satu-satunya cara untuk mengatasinya. Pencegahan adalah jalan terbaik untuk mengurangi resiko tersebut. Atasi bahaya bayi lahir sungsang dengan beberapa cara ini!

Senam hamil

Bila ada waktu luang, cobalah mengikuti kelas senam hamil. Sekarang ini, wanita-wanita perkotaan yang sedang hamil sedang giat mengikutinya. Beberapa sanggar menyediakan kelas khusus para wanita hamil. Apa manfaatnya? Gerakan-gerakan dalam senam ini akan membuat otot-otot bagian perut terasa lebih rileks, ruang rahim terasa lapang sehingga janin mudah bergerak.

Bersujud

Luangkan waktu untuk mencoba posisi bersujud atau knee chest position. Posisi ini membuat perut tergantung ke bawah. Lakukan selama 10 menit, dua kali sehari terutama pagi dan sore hari. Resiko bayi lahir sungsang akan menurun bila ibu hamil rajin mencoba posisi ini setiap hari. Posisi bersujud dipastikan sangat aman, tak mengganggu kehamilan, bahkan memberi ruang lapang bagi si janin untuk berputar kembali ke posisi semula atau normal.

Pijat perut

Atasi bahaya bayi lahir sungsang dengan memijat perut secara lembut. Gunakan kedua tangan untuk memijat perut dengan gerakan searah jarum jam. Metode ini terbilang ampuh dalam merangsang janin agar kembali ke posisi normal. Lakukan pijatan di saat waktu lenggang, beberapa kali dalam sehari.

Senter dan musik

Sebuah metode sederhana namun cukup efektif bila rutin dilakukan. Ambil senter lalu arahkan sinarnya ke bagian kepala janin. Gerakkan sinar senter dengan cepat ke arah jalan lahir. Selain sinar senter, suara musik memberi efek yang sama. Mainkan sebuah lagu di gadget dengan menggunakan headphone lalu letakkan di bagian jalan lahir.

Berpikir positif

Atasibahaya bayi lahir sungsang dengan selalu berpikir positif. Hilangkan perasaan khawatir dan membayangkan hal-hal buruk tentang posisi janin. Percaya atau tidak, sinyal tersebut bisa ditangkap langsung oleh janin sehingga tetap dalam posisi lahir dan tidak berlawanan.


Atasi bahaya bayi lahir sungsang dengan menerapkan lima langkah diatas. Peran ibu berpengaruh langsung terhadap posisi lahir janin di dalam rahim, selalu luangkan waktu untuk pengecekan rutin ke dokter kandungan.