5 Cara Mengatasi Penyakit Batuk Kering

Batuk kering lebih menyiksa daripada batuk berdahak, bahkan mengganggu aktifitas sehari-hari. Biasanya penderita mengalaminya dalam kurun waktu yang sangat lama meski sudah menjalani pengobatan. Memang, beberapa obat medis di apotik cepat menyembuhkan batuk kering tapi efeknya berbeda bagi sebagian orang. Berikut cara mengatasi penyakit batuk kering selain minum obat.



Minuman
Batuk kering biasanya terjadi setelah pilek, pastikan tenggorokan tetap lembab selalu dengan minum banyak air. Jangan pernah minum air es karena memperburuk kondisi batuk. Lebih disarankan minum air hangat yang bantu menenangkan tenggorokan. Segelas susu hangat plus sesendok madu akan meredakan iritasi dan menyembuhkan batuk kering. Tak suka minum susu? Ganti dengan segelas jus mangga dan nanas. Perpaduan dua buah yang bantu meredakan iritasi. Bila sulit menemukan buah mangga dan nanas, coba jus jeruk dan jus anggur.

Makanan
Selain banyak minum air, beberapa jenis makanan termasuk cara mengatasi penyakit batuk kering yang layak dicoba. Madu bantu melembabkan dan mengurangi iritasi di tenggorokan. Selain itu, masih ada minyak peppermint dan zaitun yang mempunyai efek serupa. Penderita batuk kering tak disarankan mengonsumsi makanan berminyak. Makanan berkuah seperti sup ayam hangat lebih cocok untuk menenangkan tenggorokan. Permen hisap segar seperti Lozenge atau sejenisnya bisa jadi alternatif yang efektif karena mudah dibawa kemana saja. Ketika batuk menyerang, hisap saja permen.

Kelembaban udara
Metode pengobatan sederhana yang sudah lama dikenal sejak jaman nenek moyang. Mandi air hangat tak hanya menyegarkan badan tapi melegakan tenggorokan. Hirup uap yang berasal dari air panas tak hanya meredakan batuk kering, tetapi melawan demam, asma dan beragam macam alergi. Malas masak air panas? Beli alat pelembab udara atau humidifier, harganya mungkin sedikit mahal tetapi manfaatnya luas biasa. Beli saja sebagai bentuk investasi kesehatan.

Dekongestan
Termasuk cara mengatasi penyakit batuk kering yang bantu meredakan jaringan hidung membengkak dan berlendir. Tersedia dalam beragam pilihan seperti pil, semprot dan cairan sirup. Meski tergolong ampuh, tak disarankan memakai dekongestan lebih dari tiga hari karena menyebabkan efek samping berbahaya bagi kesehatan.

Supresan
Bantu meredakan batuk kering secepat kilat tetapi tidak menyembuhkan. Pilihan tepat bila batuk mengganggu kegiatan belajar dan istirahat. Penderita batuk yang sering mengeluh dada sakit boleh memakainya. Perlu diingat bahwa supresan hanya meredakan secara singkat, bukan menyembuhkan.


Demikian lima cara mengatasi penyakit batuk kering yang menyiksa, baik secara alami dan medis. Bila sudah menerapkan lima langkah diatas namun tak memberi hasil positif, segera konsultasi ke dokter untuk penanganan medis yang lebih serius.