6 Cara Mengatasi Tidur Mendengkur Tanpa Obat

Setiap orang punya kebiasaan tidur yang berbeda-beda, tetapi mendengkur merupakan masalah serius yang perlu dituntaskan secepat mungkin. Selain berakibat fatal pada resiko penyakit jantung, suara dengkuran kerap mengganggu orang lain yang tidur bersebelahan. Tak heran bila dianggap masalah serius karena mempengaruhi kehidupan rumah tangga. Bagaimana cara mengatasi tidur mendengkur?


Ubah posisi tidur
Hindari posisi tidur terlentang karena meningkatkan resiko mendengkur, lebih baik tidur dalam posisi menyamping. Tentu bukan hal yang gampang, posisi tidur merupakan kebiasaan yang sudah terbentuk sejak lama tapi tak ada salahnya untuk mencoba. Gunakan bantal yang panjangnya mendukung seluruh tubuh agar terbiasa tidur menyamping.

Turunkan berat badan
Usut punya usut, berat badan turut berperan serta. Akan tetapi, bukan berarti mereka yang bertubuh gemuk lebih berpotensi, orang bertubuh kurus bisa mendengkur pula. Bila berat badan mengalami kenaikan dan mulai tidur mendengkur untuk pertama kalinya, maka disarankan untuk menurunkan berat badan, inilah cara mengatasi tidur mendengkur yang terbukti berhasil.

Tidur sehat
Mulai menjalani kebiasaan tidur sehat seperti tidak minum alkohol ataupun obat tidur yang tak disertai rekomendasi dokter. Jangan menguras tenaga secara berlebihan sehingga tidak memiliki waktu tidur yang cukup. Usahakan tidak tidur larut malam atau begadang. Tubuh harus tidur setidaknya 6-8 jam. Rutin berolahraga turut bantu menciptakan kebiasaan tidur sehat.

Membersihkan saluran hidung
Penyempitan saluran hidung yang disebabkan alergi ataupun pilek turut memicu tidur mendengkur. Masalah ini bisa diatasi dengan mandi air panas sebelum pergi tidur. Bila tak ingin mandi malam, gunakan larutan air garam untuk membersihkan saluran hidung. Masukan larutan ke salah satu lubang hidung dan keluarkan ke lubang lainnya, supaya lebih mudah gunakan neti pot. Salah satu cara mengatasi tidur mendengkur akibat pilek yakni mengoleskan balsem di area hidung.

Bantal tidur
Tidur mendengkur bisa dipicu alergi yang mengganggu saluran hidung. Oleh karena itu, luangkan waktu untuk membersihkan debu yang menempel di bantal. Ganti seprai setiap seminggu sekali atau membeli bantal baru setiap enam bulan sekali. Sebelum membeli bantal, perhatikan bahan utama dan tingkat kenyamanan.

Minum air
Perbanyak minum air, pastikan tubuh dalam keadaan terhidrasi sebelum tidur agar mengurangi potensi mendengkur. Bagi penderita alergi, disarankan minum air hangat. Tiga puluh menit sebelum tidur, minumlah satu gelas air putih. Jangan terlalu banyak minum air sebelum tidur agar tidak terbangun tengah malam akibat ingin buang air kecil.


Jadi, ada enam cara mengatasi tidur mendengkur yang layak dicoba yakni mengubah posisi tidur, menurunkan berat badan, menciptakan kebiasaan tidur sehat, membersihkan saluran hidung, minum air dan mengganti bantal tidur.