5 Manfaat Buah Sirsak Bagi Kesehatan

Asam manis buah sirsak memang paling nikmat disajikan sebagai jus segar ditambah es batu. Tinggal di negara tropis seperti Indonesia banyak keuntungan, terutama mudah memperoleh buah sirsak segar dengan harga terjangkau. Manfaat buah sirsak bagi kesehatan sudah memperlihatkan hasil positif berdasarkan penelitian para ahli.


Lawan kanker
Daging buah dan daun sirsak mampu menghambat pertumbuhan sel-sel kanker dengan efektif. Berdasarkan penelitian, sirsak mengandung bahan aktif 1000 kali lebih kuat daripada kemoterapi, tak ada efek samping dan tidak mahal. Daging buah dan daun sirsak mampu menghambat pertumbuhan sel kanker payudara, paru-paru dan prostat. Buah sirsak bisa disajikan sebagai minuman jus, tanpa tambahan gula. Sementara daun sirsak harus direbus. Siapkan 10 lembar dan rebus dengan 3 cangkir air hingga mendidih.

Basmi asam urat
Daging buah dan daun sirsak berguna melawan asam urat. Manfaatnya jelas terasa pada daun, bahkan kerap digunakan dalam pengobatan alternatif. Siapkan 6-10 lembar daun sirsak hijau yang agak tua, cuci bersih dan rebus dengan 2 gelas air hingga mendidih. Minum dua kali, pagi dan malam. Ini manfaat buah sirsak bagi kesehatan yang masih belum disadari sebagian besar masyarakat Indonesia.

Usir nyeri punggung
Semua orang berpotensi terkena nyeri punggung sewaktu berolahraga, bagaimana cara mengatasinya? Daripada membeli obat medis yang mungkin berefek samping bagi kesehatan, coba saja makan daging buah sirsak dan minum air daun sirsak. Siapkan 20 lembar daun, rebus bersama 5 gelas air hingga mendidih.

Cegah diabetes
Batas gula darah yang normal sekitar 70-120 mg, bila melebihi batas itu maka rentan mengalami diabates. Kandungan nutrisi daging buah dan daun sirsak sudah terbukti menstabilkan kadar gula darah hingga normal. Daging buah bisa disajikan sebagai jus, tentu tanpa gula, sedangkan daun bisa direbus seperti teh. Bila ingin manfaat lebih, makan buah dan minum daun sirsak setiap hari.

Usir rematik
Manfaat buah sirsak bagi kesehatan yaitu mengusir rematik. Penyakit ini kerap menghampiri para manula, memberi rasa sakit yang luar biasa. Selain mengonsumsi daging buah sirsak, manfaatkan pula daunnya. Siapkan 10 lembar daun, tumbuk hingga halus dan oleskan ke bagian tubuh yang terinfeksi eksim dan arthritis dua kali sehari secara teratur.


Melawan kanker, membasmi asam urat, mencegah diabetes, mengusir nyeri punggung dan rematik merupakan manfaat buah sirsak bagi kesehatan. Tak hanya mengonsumsi daging buahnya saja, buatlah ramuan teh memakai daun sirsak. Silahkan mencoba!