6 Cara Alami Mengobati Anemia

Kurang darah atau anemia menyebabkan seseorang tidak fokus dan kurang aktif. Efeknya buruk bagi kesehatan tubuh bila tak memperoleh pencegahan dan perawatan secepat mungkin. Beragam jenis pengobatan medis di apotik mampu mengatasi kekurangan darah, namun beberapa metode alami memberi hasil positif tanpa efek samping. Bagaimana cara alami mengobati anemia?


Bayam
Sayur berdaun hijau gelap yang kaya sumber vitamic C, E, B9, A, beta carotene, kalsium, serat dan zat besi. Menurut hasil ilmiah yang dikemukakan para ahli, setengah mangkuk bayam rebus mengandung 3,2 mg zat besi yang memenuhi kebutuhan 20% zat besi harian bagi wanita. Oleh karena itu, sertakan bayam rebus ke menu makan harian.

Tomat
Mengonsumsi makanan yang kaya zat besi memang penting, tapi bagaimana caranya agar terserap oleh tubuh? Tomat mampu melakukannya karena mengandung lycopene dan vitamin C yang bantu penyerapan zat besi. Makan 1-2 buah tomat mentah setiap hari atau sajikan segelas jus segar tanpa gula tambahan.

Delima
Salah satu cara alami mengobati anemia sebab buah ini mengandung banyak komponen berkhasiat seperti gula, serat, lemat, karbohidrat, protein, kalsium, zat besi, tembaga, potassium dan beragam jenis vitamin. Delima menyehatkan aliran darah dan meningkatkan hemoglobin, minumlah segelas jus saat sarapan pagi. Cocok mengatasi pusing dan cepat lelah yang menjadi gejala utama anemia.

Kurma
Kaya zat besi sekitar 0.90 mg setiap 100 gram, tak hanya itu saja, namun magnesium, copper, mangan dan kalsium. Kurma bantu meningkatkan kadar hemoglobin dan produksi sel darah merah. Makanlah sebagai camilan ketika sedang menderita kekurangan darah.

Hati
Bila ingin memenuhi kebutuhan zat besi, cara alami mengobati anemia yakni mengonsumsi organ hati, entah yang berasal dari ayam atau sapi. Hati juga kaya beragam jenis vitamin, fosfor, seng dan copper. Hati ayam mentah mengandung 9 mg zat besi sedangkan hati sapi hanya 5 mg.

Pola makan
Memperbaiki pola makan sudah terbukti ampuh mengusir anemia. Oleh karena itu, penderita diwajibkan mengonsumsi makanan kaya zat besi, potassium, mangan, vitamin C dan asam folat. Makanan dan minuman yang menghambat penyerapan zat besi wajib dihindari sementara waktu seperti cola, bir, teh dan kopi.


Itulah enam cara alami mengobati anemia tanpa efek samping. Meningkatkan kualitas hidup juga wajib dilakukan seperti tidak begadang, merokok, mabuk-mabukan dan rutin berolahraga. Selalu rutin mengecek tekanan darah untuk mengetahui hasilnya.