6 Cara Mengatasi Tekanan Darah Rendah Tanpa Ke Dokter

Tekanan darah tinggi membahayakan kesehatan seseorang, begitu pula tekanan darah rendah yang bisa menimbulkan efek negatif seperti pusing, mual, tak bersemangat, mudah lelah dan masih banyak lagi. Oleh karena itu, masalah ini harus segera diatasi agar terhindar efek yang lebih buruk. Bagaimana cara mengatasi tekanan darah rendah?


Kualitas tidur
Penderita tekanan darah rendah perlu waktu istirahat lebih banyak. Oleh karena itu, meningkatkan kualitas tidur merupakan hal yang wajib untuk mengisi energi. Jangan tidur larut malam, minimal jam 9 sudah berbaring diatas kasur. Tidur kurang lebih 8 jam dalam sehari bantu mengisi energi supaya optimal mengerjakan beragam aktifitas keesokan harinya.

Rutin olahraga
Beberapa orang mengaku sulit tidur di malam hari, fakta ini disebabkan tubuh masih menyimpan banyak energi yang belum dikeluarkan. Luangkan waktu untuk berolahraga setidaknya 30-45 menit setiap hari. Olahraga bantu memperlancar peredaran darah keseluruh tubuh sehingga dianggap cara mengatasi tekanan darah rendah yang paling efektif.

Banyak minum air
Air putih tak hanya menghilangkan rasa haus, namun obat alami untuk mengusir beragam jenis penyakit dan salah satunya adalah darah rendah. Para ahli kesehatan menyarankan minum minimal 8 gelas sehari. Air putih bantu membuang racun yang mengendap dan memperlancar peredaran darah sehingga tensi lebih gampang meningkat.

Minum kopi
Tensi darah rendah bisa diatasi segera dengan meminum secangkir kopi hangat. Fakta ini sudah diakui para dokter internasional, penderita disarankan minum satu atau dua gelas sehari. Kandungan kafein bantu membangkitkan energi yang tertutupi rasa lemah akibat tekanan darah rendah. Meskipun bermanfaat, jangan minum terlalu banyak kopi bila tak ingin ketagihan.

Asupan lemak nabati
Mengonsumsi makanan yang mengandung lemak nabati merupakan cara mengatasi tekanan darah rendah. Disarankan lebih banyak mengonsumsi gandum dan kacang-kacangan. Jangan lupa menaburkan garam pada setiap masakan. Garam mengandung zat alami yang meningkatkan produksi sel darah merah.

Hindari gula
Jangan mengonsumsi banyak gula dalam waktu singkat ketika tensi darah rendah. Gula meningkatkan tekanan darah secara tiba-tiba yang memberi efek negatif bagi kesehatan seperti kepala pusing dan mata berkunang-kunang. Efek buruk lainnya yang patut diwaspadai adalah diabetes.


Jadi, enam cara mengatasi tekanan darah rendah pada artikel ini patut dicoba karena tak mewajibkan penderita pergi ke dokter, minum resep obat atau suplemen. Ada baiknya mengikuti tes tensi darah secara rutin guna mengetahui perkembangan dari hari ke hari.