6 Cara Mudah Mengatasi Android Hang Atau Lemot

Hang atau lemot merupakan permasalahan utama para pengguna Smartphone Android. Well, seiring waktu berjalan dan meningkatnya level pemakaian, kinerja Smartphone kesayangan tak seperti waktu dibeli pertama kali. Semua itu tergantung para pengguna merawat ponsel supaya tetap prima layaknya barang baru. Berikut cara mudah mengatasi android hang atau lemot yang bisa diterapkan langsung tanpa harus pergi ke tempat servis.

Matikan aplikasi
Android terkenal dengan kemampuan ‘Multitasking’ dan bila digunakan sewajarnya tak akan menimbulkan masalah apapun. Namun beberapa pengguna menjalankan terlalu banyak aplikasi yang menyedot pemakaian memori padahal spesifikasi Smartphone tergolong rendah. Oleh karena itu, matikan aplikasi yang memberatkan dan memakan memori terlalu banyak. Jalankan aplikasi yang dirasa penting!

Update
Memperbarui sistem operasi atau firmware secara rutin memang sangat dianjurkan, termasuk cara mudah mengatasi android hang atau lemot. Sebagai contoh, Android versi terbaru, Kitkat, lebih hemat pemakaian memori RAM bila dibandingkan versi lawas seperti Ice Cream Sandwich dan Jelly Bean. Pihak vendor biasanya rutin menyajikan update firmware yang memperbaiki bug atau kelemahan versi lama.

Aplikasi kompatibel
Jangan cepat tergiur memasang aplikasi yang tak sesuai dengan kondisi spesifikasi ponsel. Aplikasi yang membutuhkan ‘resource’ atau sumber daya besar akan memperlambat kinerja, bahkan merusak ponsel bila dibiarkan terus-menerus. Oleh karena itu, perhatikan persyaratan sebuah aplikasi sebelum diinstal.

Hapus cache
Luangkan waktu untuk mengakses memori internal dan menghapus cache. Ini adalah cara termudah meningkatkan kinerja ponsel pintar supaya terbebas dari lemot. Sekarang banyak aplikasi yang menawarkan fitur hapus cache memori internal, cukup sekali tekan tombol.

Memori eksternal
Jangan terbiasa menginstal aplikasi di memori internal saja karena akan memakan banyak ruang. Cara mudah mengatasi android hang atau lemot yakni memanfaatkan memori eksternal untuk menginstal aplikasi. Tak perlu khawatir soal performa, meski tak terpasang di memori internal, aplikasi tetap berjalan lancar tanpa hambatan apapun.

Matikan fitur auto
Beberapa fitur auto bakal menyita banyak memori dan perlu dimatikan seperti auto rotate, auto brightness dan auto update. Silahkan akses bagian setting Smartphone kesayangan lalu matikan ketiga fitur auto tersebut. Efeknya luar biasa, ponsel tidak akan hang ataupun lemot.


Demikian enam cara mudah mengatasi android hang atau lemot. Pertimbangkan fitur ‘Factory Reset’ bila semua langkah diatas tak memberi perubahan berarti. Lakukan ‘back up’ data terlebih dahulu sebelum me-reset ponsel ke kondisi pabrikan.